-->

Gempa Bumi M3.8 Kembali Guncang Kota Jayapura

Gempa Bumi M3.8 Kembali Guncang Kota Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek, S.Si menyebutkan kejadian dan Parameter Gempa Bumi pada Selasa , 10 Januari 2023, pukul 15:35:32 WIT wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua diguncang gempa bumi tektonik.


"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M3.8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.44° LS dan 140.73° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km TimurLaut KOTA-JAYAPURA-PAPUA. Gempa bumi ini memiliki kedalaman 10 km," ungkap dia dalam rilis media.

Rumakiek mengatakan untuk jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah kota Jayapura.

Dampak gempa bumi M3.8 itu dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II – III MMI. Dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 606  aktivitas gempa bumi sejak 2 Januari 2022 di lokasi tersebut. Dengan 49 kejadian gempabumi diantaranya dirasakan oleh masyarakat," sebutnya.

Rumakiek pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa bumi.

"Ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbaunya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel