-->

Fumio Kishida Rapat dengan Joe Biden Bahas Isu di Kawasan


TOKYO, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dijadwalkan rapat dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih pada 13 Januari 2023. Gedung Putih dalam keterangan pada Selasa, 3 Januari 2022 menjelaskan di antara isu yang akan dibahas kedua pemimpin adalah masalah nuklir Korea Utara, perang Ukraina, ketegangan Taiwan dengan Cina dan sebuah kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.   

“Kedua kepala negara akan mendiskusikan sebuah isu-isu kawasan dan global, di antaranya masalah senjata penghancr massal Korea Utara yang melanggar hukum dan program rudal balistiknya. Akan dibahas pula soal kebrutalan Rusia dalam perang Ukraina dan upaya menjaga perdamaian serta stabilitas di penjuru selat Taiwan,” demikian keterangan Gedung Putih.

Jepang adalah mitra strategis Amerika Serikat di Asia. Amerika Serikat menentang naiknya pengaruh Cina di tengah uji coba rudal oleh Korea Utara dan menjelaskan bahwa senjata nuklir sebagian besar membuat waswas sekutu-sekutu Amerika Serikat di kawasan.

Perdana Menteri Kishida sudah mengumumkan pada Rabu, 4 Januari 2022, kalau dia akan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Dia menyebut akan membahas soal kebijakan keamanan Tokyo dan mengkonfirmasi ulang hubungan Jepang – Amerika Serikat.      

Sebelumnya pada Desember2022, Jepang mengungkap sedang membangun sektor militernya yang akan menjadi yang terbesar sejak Perang Dunia II. Gedung Putih dan Biden memastikan dukungan penuh pada rencana Jepang tersebut.

“Kedua pemimpin akan merayakan kekuatan aliansi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Amerika Serikat dengan Jepang. Kedua negara akan menyusun kemitraan pada tahun depan,” demikian keterangan Humas Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Dalam kunjungan kerja Biden ke Jepang, dia mengapresiasi kekuatan tekad Kishida untuk memperkuat kemampuan pertahanan Jepang.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel