-->

Badai di California, Joe BIden Umumkan Situasi Darurat


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan deklarasi situasi darurat untuk California karena badai, Sabtu waktu setempat. Sejak akhir Desember, badai telah menghantam Golden State, menewaskan sedikitnya 19 orang, menyebabkan banjir, pemadaman listrik, tanah longsor, evakuasi, dan penutupan jalan.

Baca juga: Badai California Membuat Los Angeles Terendam, 17 Warga Tewas sejak Awal tahun

"Biden memerintahkan bantuan federal untuk melengkapi upaya pemulihan negara bagian yang terkena dampak badai musim dingin yang parah, banjir, tanah longsor, dan tanah longsor," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip kantor berita Reuters, Minggu 15 Januari 2023.

"Tindakan presiden membuat dana federal tersedia untuk individu yang terkena dampak di wilayah Merced, Sacramento dan Santa Cruz," tambah pernyataan tersebut.

Hingga Sabtu, California dihantam lebih banyak angin, hujan hingga salju lebat. Layanan Cuaca Nasional mengatakan, awal hujan disertai angin kencang dimulai di utara dan menyebar ke selatan. Badai pun diprediksi akan menyusul hingga awal pekan depan.

Sungai Salinas yang meluap membanjiri lahan pertanian di Monterey County. Sementara di sebelah timur, peringatan banjir berlaku untuk Merced County di Central Valley pertanian, tempat Gubernur Gavin Newsom berkunjung untuk mengatasi masalah badai.

"Kenyataannya adalah bahwa ini hanya seperdelapan dari apa yang kami perkirakan akan menjadi sembilan sungai atmosfer —- kami belum selesai,” kata Newsom pada pengarahan dengan para pemimpin lokal, Sabtu.

Ia juga mendesak penduduk waspada terhadap keselamatan selama 24 hingga 48 jam ke depan.

"Ini terjadi di seluruh California tetapi saya ingin mengatakan kalian mengambil beban yang tidak proporsional, dan jika Anda merasa seperti itu, Anda benar," kata Newsom.

Peringatan banjir dikeluarkan untuk wilayah utara Teluk San Francisco, termasuk Marin County, Napa, Sonoma, dan Mendocino. Di selatan, peringatan evakuasi ditujukan untuk sebagian county, termasuk San Mateo dan Santa Cruz, tempat komunitas kecil Felton Grove di sepanjang Sungai San Lorenzo.

Perintah evakuasi juga dikeluarkan untuk penduduk di wilayah Wilton di semi pedesaan tenggara Sacramento County. Pihak berwenang mengutip ancaman banjir dari Sungai Cosumnes.

Setidaknya terdapat 19 kematian terkait badai tdi California. Seorang bocah laki-laki berusia 5 tahun masih dinyatakan hilang setelah hanyut dari mobil ibunya oleh air banjir di San Luis Obispo County.

"Setengah dari kematian melibatkan pengendara, dan beberapa dapat dicegah jika pengemudi memperhatikan tanda-tanda penutupan jalan," kata Sean Duryee, penjabat komisioner Patroli Jalan Raya California.(Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel