-->

Kemendagri Imbau Para Kepala Daerah di Bumi Cenderawasih Berkomitmen Penuh dalam Pelaksanaan KIP

Kemendagri Imbau Para Kepala Daerah di Bumi Cenderawasih Berkomitmen Penuh dalam Pelaksanaan KIP.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau gubernur, bupati, dan walikota di Bumi Cenderawasih untuk berkomitmen penuh dan konsisten dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik (KIP). Hal ini dilakukan melalui upaya penciptaan ekosistem pelayanan informasi yang mudah dijangkau, efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan mengatakan bahwa hak untuk tau dan mendapatkan informasi merupakan hak masyarakat yang dijamin oleh UU. Oleh karena itu, setiap badan publik diminta untuk konsisten dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik di Provinsi Papua yang rutin digelar tiap tahun merupakan momentum untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KIP. Benni menjelaskan bahwa momentum ini tidak hanya dimaknai sebagai ajang kontestasi antarbadan publik, tapi juga sebagai waktu yang tepat untuk membangun kesadaran dan pemahaman bersama akan betapa pentingnya keterbukaan informasi dalam mengakselerasi pelayanan publik.

Selain itu, catatan-catatan perbaikan yang merupakan hasil monitoring dan evaluasi harus ditindaklanjuti dengan upaya-upaya perbaikan pelayanan publik bagi seluruh masyarakat di Provinsi Papua. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah badan publik di Provinsi Papua yang masuk dalam kategori tertentu diberikan penghargaan. Mereka di antaranya 4 badan publik kategori cukup informatif, 6 badan publik menuju informatif, dan 16 badan publik kategori informif.

Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bappeda, Yohanis Walilo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Papua yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi KIP serta telah banyak memberikan advokasi dan kerja sama kepada seluruh badan publik yang ada di Provinsi Papua.

Gubernur Papua juga menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan KIP di Provinsi Papua. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Papua dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Benni Irwan menuturkan bahwa dukungan penuh dari pimpinan OPD serta komitmen kuat dari seluruh aparat di Provinsi Papua merupakan kunci dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yang efektif. Selain itu, dibutuhkan kerja sama yang solid antara badan publik, media, dan masyarakat untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan ke masyarakat adalah informasi yang akurat, tepat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Benni juga menekankan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan keterbukaan informasi yang baik, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan, sehingga dapat mempermudah akses terhadap pelayanan publik.

Secara keseluruhan, penting bagi pemerintah Provinsi Papua untuk terus meningkatkan komitmen dan upaya dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Papua dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel