-->

Jelang Pelantikan Sebagai Presiden Brasil, Luis da Silva Susun Kabinet Baru


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva disibukkan membangun dewan menteri menjelang pelantikan 1 Januari 2023. Terbaru, Lula dikabarkan telah meminta Senator Simone Tebet untuk menjadi menteri perencanaannya

Seorang pembantu dekat Lula, pada Selasa, 27 Desember 2022, membenarkan calon presiden itu telah meminta Tebet untuk menjadi menterinya. Calon Menteri Urusan Kelembagaan Alexandre Padilha di Pemerintahan Lula mengatakan dalam konferensi pers, Tebet belum secara resmi menerima pinangan itu.

Akan tetapi Padilha mencatat partainya, Gerakan Demokratik Brasil, telah memberikan sinyal positif.

Menemukan tempat untuk Tebet di kabinetnya telah menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi Lula dalam beberapa pekan terakhir. Lula belum membeberkan ke publik hampir setengah dari menteri yang sudah masuk kabinetnya. Sejauh ini, dia terutama menunjuk anggota Partai Buruh untuk posisi penting di kabinet atau menghabiskan sekutu yang mendukung pemilihannya.

Tebet mendukung Lula saat bertarung melawan petahanan sayap kanan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, setelah membatalkan pencalonannya sendiri sebagai presiden ketika dia gagal lolos. Dukungannya dipandang penting untuk kemenangan tipis Lula, membantunya mendapatkan suara moderat di putaran kedua.

Pekerjaan menteri perencanaan pertama kali ditawarkan kepada ekonom Andre Lara Resende, anggota tim transisi Lula, tapi dia menolak.

Analis Lucas de Aragao dari konsultan Arko Advice di Brasilia mengatakan, investor mengharapkan orang yang ramah pasar untuk mendapatkan posisi tersebut, tetapi pasar akan menyambut Tebet.

"Dia sangat moderat dan telah mendukung semua reformasi baru-baru ini dalam beberapa tahun terakhir, dari reformasi pensiun dan undang-undang ketenagakerjaan hingga otonomi bank sentral," kata Aragao

Pada Senin, 26 Desember 2022, Menteri Keuangan yang akan datang Fernando Haddad, seorang pemimpin di partai PT Lula, mengatakan tidak akan ada masalah bekerja dengan Tebet, yang dia sebut sangat berkualitas dan seseorang yang tahu bagaimana bekerja dalam sebuah tim. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel