-->

Heru Budi Hartono Targetkan Sodetan Ciliwung Bisa Beroperasi pada April 2023


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan proyek pembangunan Sodetan Ciliwung selesai pada April 2023.

“Mudah-mudahan bulan Maret selesai di sini, April bisa berfungsi," kata Heru saat dijumpai di lokasi pembangunan sodetan, Jakarta Timur, Kamis, 1 Desember 2022.

Sebenarnya dalam kontrak, proyek tersebut ditargetkan selesai pada Agustus tahun depan. "Tapi kita akan percepat,” ujar Heru.

Proyek sodetan Kali Ciliwung yang sempat terhambat karena masalah pembebasan lahan kini sudah terlaksana dengan baik. Kalau masih ada pihak yang mengalami masalah sengketa lahan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempuh langkah konsinyasi.

"Jika ada pihak-pihak yang bersengketa, sesuai aturan kami akan melakukan konsinyasi dan proyek tetap berjalan," papar Heru.
Pembangunan Sodetan Ciliwung Sudah 62 Persen

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia mengungkapkan pembangunan sodetan Kali Ciliwung untuk pengendalian banjir Jakarta ini hampir rampung. "Progres 62 persen," kata Bob.

Gambar udara pembangunan Sodetan Ciliwung, Jakarta, Rabu 30 November 2022.Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana mempercepat pembangunan sodetan Kali Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) sebagai upaya mengatasi permasalahan banjir Ibu Kota. Hal itu menurutnya perlu dilakukan di samping proses normalisasi sungai termasuk Kali Ciliwung. TEMPO/Subekti.

Bob mengatakan, salah satu kendala dalam proyek pembangunan Sodetan Ciliwung adalah masalah pembebasan lahan. "Saya kira dalam pembangunan ini masalah pertamanya mengatur lahannya. Tapi berkat bantuan dari pemerintah daerah, kami sangat dibantu, sehingga masalah tanah tinggal tersisa yang satu di daerah outlet yang akan segera kami bebaskan,"ungkapnya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel