-->

China Hentikan Laporan Jumlah Kasus Harian COVID-19


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Kesehatan Nasional China, yang selama tiga tahun terakhir atau lebih telah menerbitkan angka kasus COVID-19 harian untuk negara tersebut, mengatakan tidak akan lagi merilis data tersebut mulai Ahad 25 Desember 2022.

"Informasi COVID yang relevan akan diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China untuk referensi dan penelitian," kata NHC dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters. Namun, mereka tidak menyebutkan alasan perubahan atau seberapa sering CDC China akan memperbarui informasi COVID.

Komisi Kesehatan Nasional China menurunkan laporan harian COVID-19 mulai Rabu sebagai tanggapan atas penurunan tajam dalam pengujian PCR. Hal ini terjadi sejak pemerintah melonggarkan tindakan nol-Covid meski kasus harian mencapai rekor tertinggi.

Sebuah pemberitahuan di situs web komisi mengatakan pihaknya berhenti menerbitkan angka harian tentang jumlah kasus COVID-19 di mana tidak ada gejala yang terdeteksi. “Sebab tidak mungkin untuk secara akurat mengetahui jumlah sebenarnya orang yang terinfeksi tanpa gejala, yang umumnya merupakan sebagian besar dari infeksi baru.”

Satu-satunya angka yang mereka laporkan adalah kasus terkonfirmasi yang terdeteksi di fasilitas pengujian publik.

Hal ini menimbulkan tantangan utama bagi China karena melonggarkan kebijakan ketat "nol-COVID".

Dengan pengujian PCR massal tidak lagi wajib dan orang dengan gejala ringan diizinkan untuk memulihkan diri di rumah daripada di salah satu rumah sakit lapangan yang terkenal karena terlalu padat dan kebersihan yang buruk, semakin sulit untuk mengukur jumlah kasus yang sebenarnya.

Hampir 37 juta orang di China mungkin telah terinfeksi COVID-19 dalam satu hari minggu ini, kantor berita Bloomberg melaporkan, mengutip risalah dari pertemuan internal Komisi Kesehatan Nasional negara itu yang diadakan pada Rabu.

Secara keseluruhan, laporan yang diterbitkan pada Jumat mengatakan sekitar 18 persen dari populasi negara itu – 248 juta orang – kemungkinan besar tertular virus dalam 20 hari pertama Desember.

China menyaksikan lonjakan dramatis dalam kasus virus corona sejak mencabut kebijakan nol-COVID yang kontroversial. Ini menyusul protes yang meluas dalam beberapa pekan terakhir. Di bawah kebijakan nol-COVID, otoritas negara menempatkan seluruh kota dan kota di bawah penguncian jika mereka melaporkan beberapa kasus.

Sekarang dengan sebagian besar pembatasan itu dicabut, China juga telah menghentikan kebijakan pengujian massal dan tidak lagi melaporkan kasus tanpa gejala.

Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan infeksi yang meluas di antara populasi yang sebagian besar tidak terpapar virus yang sebenarnya. Dan banyak warga telah kehilangan perlindungan yang mungkin diperolehnya dari suntikan vaksin yang diberikan beberapa bulan lalu.

Sistem kesehatan negara itu juga tidak siap dengan perubahan mendadak dalam kebijakan pemerintah, dengan rumah sakit dan apotek berjuang untuk mengatasinya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel