-->

Sergey Lavrov akan Wakili Vladimir Putin dalam KTT G20 di Bali


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan memimpin delegasi negara tersebut dalam KTT G20 di Bali, setelah Presiden Vladimir Putin memastikan tidak akan hadir.

Seperti dilansir Al Jazeera Kamis 10 November 2022, ini merupakan pertemuan pertama para pemimpin ekonomi terbesar dunia sejak Putin melancarkan perangnya di Ukraina.

Seorang pejabat pemerintah Indonesia sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Lavrov akan mewakili Putin dan presiden Rusia akan bergabung dalam salah satu pertemuan KTT secara virtual.

Presiden Indonesia Joko Widodo awal pekan ini mengatakan kepada Financial Times bahwa dia memiliki “kesan kuat” bahwa pemimpin Rusia itu akan melewatkan pertemuan itu.

KTT G20, yang mempertemukan para pemimpin 19 negara dan Uni Eropa, diperkirakan akan didominasi oleh dampak perang Ukraina, yang telah memicu kelangkaan pangan dan bahan bakar global.

Indonesia, tuan rumah KTT, telah menolak seruan negara-negara Barat dan Ukraina untuk mengecualikan Rusia, berjanji untuk menjaga netralitas dan menyoroti potensi kerja sama di bidang ketahanan pangan dan energi.

Widodo telah menyesali ketegangan geopolitik seputar KTT, yang menurutnya seharusnya fokus pada pembangunan ekonomi dan “tidak dimaksudkan untuk menjadi forum politik”.

Di Majelis Umum PBB bulan lalu, 16 anggota G20 mendukung resolusi yang mengutuk upaya pencaplokan Moskow atas empat wilayah di Ukraina timur. Anggota G20 China, India dan Afrika Selatan abstain dalam pemungutan suara, sementara Uni Eropa tidak terwakili di badan PBB.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang juga diundang ke pertemuan itu, sebelumnya mengatakan dia tidak akan hadir jika Putin bergabung dalam pertemuan itu.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel