-->

Rishi Sunak dan Xi Jinping Batal Bertemu di Sela-Sela KTT G20


BALI, LELEMUKU.COM - Pertemuan bilateral yang direncanakan antara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Xi Jinping dari China di sela-sela KTT G20, telah dibatalkan. “Ada masalah penjadwalan," kata juru bicara Downing Street, kantor PM Inggris pada Rabu 16 November 2022.

Jadwal KTT di Pulau Bali, Indonesia telah terganggu oleh pertemuan darurat yang diadakan pemimpin G7. Hal ini terjadi setelah sebuah rudal menewaskan dua orang di Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina.

Sunak dan Xi dijadwalkan mengadakan pertemuan pertama antara para pemimpin Inggris dan China selama hampir lima tahun terakhir. Kantor Sunak sebelumnya mengatakan bahwa perdana menteri akan berusaha untuk membangun "hubungan yang jujur dan konstruktif."

Hubungan antara London dan Beijing telah memburuk dalam dekade terakhir. Sebab, Inggris menyatakan kekhawatiran bahwa pintu terbuka untuk investasi China dapat menimbulkan risiko keamanan nasional.

London juga mengkritik praktik perdagangan Beijing dan catatan hak asasi manusia di Hong Kong dan Xinjiang.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis sebelum pertemuan yang direncanakan, Downing Street mengatakan tantangan yang ditimbulkan oleh China bersifat “sistemik” dan “jangka panjang.”

“China adalah negara dengan nilai-nilai fundamental yang berbeda dengan kita, dengan kepemimpinan otoriter yang berniat membentuk kembali tatanan internasional,” katanya.

Namun, Sunak diharapkan mengambil pendekatan yang lebih persuasif ke Beijing daripada pendahulunya Liz Truss. PM Inggris dengan masa pemerintahan terpendek itu menegaskan bahwa China harus bermain sesuai aturan.

“Tidak satu pun masalah yang dibahas Perdana Menteri di G20 - ekonomi global, dampak perang di Ukraina terhadap ketahanan pangan dan energi, perubahan iklim, dan kesehatan global - dapat diatasi tanpa tindakan terkoordinasi oleh semua ekonomi utama dunia. Itu termasuk China,” kata Downing Street.

Juru bicara kementerian luar negeri China Mao Ning mengatakan dia tidak memiliki informasi untuk ditawarkan tentang pembatalan pertemuan antara Xi dan Sunak. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel