-->

Indonesia Resmi jadi Ketua ASEAN 2023 setelah Terima Tongkat Estafet dari Kamboja


PHNOM PENH, LELEMUKU.COM - Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023 setelah menerima tongkat estafet keketuaan tersebut dari Kamboja. Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu, (13/11).

Secara simbolis, Presiden Joko Widodo menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Jokowi dalam siaran persnya.
Ia mengatakan ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil dan damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia. ASEAN, lanjutnya, juga harus konsisten dalam menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi bagi siapapun.

“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden juga menginginkan ASEAN harus bisa menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Peningkatan kapasitas institusi ASEAN juga menjadi perhatian Presiden Jokowi, agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan. Presiden berharap pada 2045 ASEAN harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

“Semua itu harus diperjuangkan dengan cara ASEAN yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya,” paparnya.

Di akhir sambutannya, Presiden pun mengundang seluruh pemimpin ASEAN untuk hadir pada KTT ASEAN di Indonesia tahun depan.

“Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” ucap Jokowi.

Rizky menggarisbawahi bahwa persoalan perekonomian juga perlu menjadi perhatian penuh Jokowi ketika menjadi Ketua ASEAN pada tahun depan. Hal tersebut menjadi penting di tengah ancaman resesi yang mulai membayangi dunia pada beberapa tahun yang akan datang.
 
“Justru kita bisa memaksimalkan atau menjadikan keketuan ini sebagai peluang untuk kita tidak perlu takut dengan ancaman resesi segala macam. Karena kita sedang menjaidi ketua ASEAN, jadi seharusnya di situ kita bisa memainkan,” katanya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel