-->

Sebastien Lecornu Puji Kedekatan Strategis dengan Indonesia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jakarta pada Jumat (25/11). Lecornu memuji ikatan yang erat antara kedua negara itu, pasca perjanjian jet tempur senilai $8 miliar yang disepakati awal tahun ini.

"Ada kedekatan strategis yang kuat yang lahir dari Indonesia dan Prancis," kata Menteri Angkatan Bersenjata Prancis itu kepada AFP.

Indonesia memesan 42 jet tempur Rafale Prancis senilai $8,1 miliar atau sekitar Rp 127 triliun melalui perjanjian yang disepakati pada Februari.

Kedua negara itu juga merundingkan pembelian dua kapal selam serbu kelas Scorpene buatan Prancis.

Lecornu bertemu dengan Prabowo ketika Indonesia sedang bersiap menerima estafet kepemimpinan blok regional ASEAN.

Prancis telah diterima sebagai negara pengamat dalam ADMM-Plus, platform pertahanan ASEAN, cuit Lecornu pada Sabtu (26/11), bergabung dengan negara-negara termasuk AS dan China.

"Ini adalah pengakuan atas investasi kami dalam keamanan dan stabilitas regional," kata Lecornu dalam cuitannya.

Prancis ingin memperkuat hubungan di Asia Tenggara "agar siaga terhadap eskalasi, untuk mempersenjatai diri dan memiliki diplomasi yang kredibel," kata Lecornu kepada AFP.

Ia menambahkan bahwa Prancis juga perlu terlibat secara "politis" di wilayah itu. Ia menekankan bahwa Paris ingin memainkan peranan multilateral di wilayah itu.

Tahun lalu, Prancis marah ketika Australia, Inggris dan AS mengungkap pakta AUKUS. Perjanjian itu memungkinkan AS memasok kapal selam bersenjata nuklir kepada Australia dan memutus kontrak dengan Prancis. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel