-->

Rishi Sunak Terpilih Sebagai PM Inggris


JAKARTA, LELEMUKU.COM -  Rishi Sunak terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru setelah memenangkan pemilihan yang dilakukan anggota Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022 waktu setempat. Sunak naik menjadi Perdana Menteri menggantikan Liz Truss, yang mengundurkan diri 44 hari setelah menjabat.  

Sunak mendapat tugas besar untuk mengendalikan Inggris yang saat ini terpecah akibat kemerosotan ekonomi hingga membuat jutaan warga Inggris jatuh miskin. Sunak perlu menstabilkan negara yang terhuyung-huyung setelah bertahun-tahun akibat gejolak politik dan ekonomi. Dia juga harus memimpin Partai Konservatif yang sedang retak sejalan dengan ideologi-ideologinya.   

“Ini soal persatuan atau mati,” kata Sunak dihadapan anggota parlemen Inggris tak lama setelah dia diumumkan memenangkan kursi Perdana Menteri Inggris.

Kanselir Keuangan Inggris Rishi Sunak berbicara selama wawancara TV di London, Inggris 22 November 2020. [REUTERS / Simon Dawson]

Sunak mengatakan Partai Konservatif Inggris menghadapi sebuah krisis eksistensial. Anggota parlemen Inggris pun sekarang harus fokus pada kebijakan, bukan kepribadian.

Sunak adalah salah satu politikus paling kaya dari Westminster. Dia menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang bukan berasal dari kulit putih. Dia juga mencatatkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris ketiga dalam tempo kurang dari dua bulan.

Sunak akan memimpin Inggris menghadapi penurunan terberat dalam beberapa dekade. Inggris saat ini meluncur ke jurang resesi dampak dari kenaikan harga energi dan bahan makanan.  

Di bawah pemerintah Sunak, Inggris diperkirakan akan melakukan pemangkasan anggaran besar – besaran agar bisa membangun kembali reputasi fiskal Inggris. Anggota parlemen dari Partai Konservatif sangat ingin Sunak mengatasi segala tantangan perekonomian Inggris setelah turbulensi politik yang mukul biaya pinjaman dan mendorong naiknya suku bunga hipotek.   

Jika tidak ada aral melintang, Sunak akan menghadap Raja Charles III pada Selasa, 25 Oktober 2022 waktu setempat. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel