-->

Pemerintah Polandia Terima Perusahan AS, Bangun Pembangkitan Tenaga Nuklir


WARSAWA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Polandia mengumumkan, Jumat (28/10), bahwa pihaknya telah memilih Westinghouse untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di negara itu. Perusahaan Amerika Serikat tersebut mengalahkan penawaran dua pesaingnya, yaitu EDF dari Prancis dan KHNP dari Korea Selatan.

“Kami mengonfirmasi bahwa proyek energi nuklir kami akan menggunakan teknologi @WECNuclear yang andal dan aman,” tulis Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki di Twitter.

Morawiecki mengatakan, keputusan itu akan secara resmi diadopsi pada pertemuan kabinet di Warsawa pada Rabu (2/11) mendatang.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm memuji keputusan tersebut dengan mengatakan, “Ini adalah sebuah langkah besar dalam memperkuat hubungan kita dengan Polandia untuk generasi mendatang.”

Granholm mengatakan, Polandia memilih Westinghouse “untuk bagian pertama dari proyek nuklir mereka yang senilai $40 miliar,” tanpa merinci jumlah investasi yang diberikan.

Salah seorang pejabat senior pemerintahan AS yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan bahwa investasi tersebut bernilai “miliaran” dolar dan akan menciptakan “ribuan lapangan kerja dengan penghasilan yang layak.”

“Ini hal yang penting, karena ini bukan hanya tentang proyek energi komersial, tetapi juga tentang cara kita mendefinisikan apa yang saya sebut sebagai keamanan interdependen selama beberapa dekade mendatang,” kata pejabat itu.

Polandia sudah merencanakan kapasitas energi nuklir sipilnya selama bertahun-tahun, akan tetapi masalah keamanan energi menjadi semakin genting setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Keputusan itu “mengirimkan pesan yang jelas kepada [Presiden Rusia Vladimir] Putin tentang kekuatan dan penyatuan aliansi AS-Polandia,” kata sang pejabat.

Pemerintah Polandia ingin pembangkit listrik tenaga nuklir pertamanya itu dapat mulai beroperasi pada 2033. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel