-->

Korban Selamat Tragedi Kanjuruhan Alami Pendarahan Mata


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pengamat olahraga yang ikut dalam Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan, Akmal Marhali, menyebut dirinya sudah bertemu dengan beberapa korban selamat tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur. Dari pertemuan itu, para korban selamat mengalami luka-luka yang cukup parah, terutama pada bagian mata.

Seperti yang dialami FCC, 14 tahun, Akmal menyebut remaja perempuan itu masih mengalami pendarahan dalam mata, sesak napas, dan batuk-batuk.

"Retina matanya sampai detik ini tidak ada warna putihnya (akibat pendarahan dalam)," kata Akmal dalam keterangannya, Ahad, 9 Oktober 2022.

Kondisi yang sama juga dialami oleh RAD, 14 tahun; dan Yuspita Nuraini, 25 tahun. Pasangan adik kakak ini mengalami pendarahan dalam mata dan Yuspita masih batuk dan sesak napas.

Korban lain yang Akmal temui dan masih menjalani perawatan di rumah sakit adalah Ahmad Afiq Aqli. Pemuda asal Jember itu kondisinya cukup parah, tangan dan kakinya patah akibat terinjak-injak massa yang panik. "Semua gara-gara gas air mata," kata Akmal.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang terjadi setelah laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Dalam laga itu tuan rumah Arema FC menelan kekalahan 2-3. Kekalahan itu menyebabkan beberapa suporter turun dan masuk ke lapangan. Petugas keamanan dari Polri dan TNI kemudian menghalau para suporter yang masuk ke lapangan itu.

Aparat kepolisian kemudian meletupkan senjata gas air mata ke arah penonton. Akibatnya massa kocar kacir menuju satu titik keluar. Banyak yang meninggal karena terinjak injak penonton yang berebut untuk keluar stadion.

Menurut data TGIPF, korban meninggal hingga sampai saat ini mencapai 130 orang. Sebanyak 36 orang masih menjalani perawatan intensif sampai saat ini akibat terluka cukup parah.

"Para korban luka harus menjalani perawatan intensif, bukan cuma soal luka jasmani, tapi juga luka rohani. Trauma healing menjadi salah satu yang menghantui," ujar Akmal.

Akmal menjelaskan sampai detik ini tercatat total korban Kanjuruhan ada 705 orang. Mereka terdiri dari korban meninggal dunia 130 orang dan jumlah korban luka 575 orang. Lalu korban luka terbagi ke dalam tiga kategori, luka ringan sebanyak 5.067orang, luka sedang 45 orang, dan luka berat sebanyak 23 orang. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel