-->

Demokrat Anggap Pertemuan Anies dan Aher Besok Perkuat Rencana Koalisi


JAKARTA, LELEMUKU.COM -  Calon Presiden usungan Partai NasDem, Anies Baswedan, disebut-sebut bakal bertemu Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Heryawan alias Aher. Persamuhan ini dijadwalkan berlangsung besok, Ahad, 30 Oktober 2022.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan partainya menyambut positif rencana pertemuan Anies-Aher. Menurut dia, komunikasi dan silaturahmi Anies dengan tokoh dari partai calon mitra koalisi merupakan hal baik.

“Sangat baik jika Anies membuka komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh-tokoh dari semua parpol calon mitra koalisi kami. Dengan demikian, bisa lebih mendalami dan mengenal karakter, pemikiran, dan pandangan satu sama lain,” kata Herzaky dalam keterangannya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat sedang menjalin koalisi untuk Pilpres 2024. Usai bersepakat mengusung Anies, ketiga partai tengah sibuk mencari Cawapres. PKS menyodorkan nama Aher sebagai pendamping Anies. Sementara Partai Demokrat mengusulkan Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Baca: Anies Baswedan Ungkap 3 Kriteria Sosok Cawapresnnya

Herzaky menjelaskan, Partai Demokrat ingin membangun fondasi yang kuat bagi koalisi. Langkah awal untuk mewujudkan hal ini, kata dia, dengan saling menghormati, menghargai, dan mengedepankan keterbukaan dalam berkomunikasi.

“Setiap rencana komunikasi dan pertemuan terkait koalisi ini pun, selalu didiskusikan dan dibahas secara terbuka. Begitu pula dengan rencana pertemuan Anies dan Aher, seperti halnya pertemuan Anies dan AHY sebelum-sebelum ini, sudah sempat dibahas pula dengan kami-kami,” kata dia.

Herzaky mengatakan pertemuan Anies-Aher sangat penting. Menurut dia, pertemuan ini bakal semakin menguatkan jalinan chemistry dan rencana koalisi ketiga partai. “Pertemuan-pertemuan seperti ini sangatlah penting, dalam konteks semakin menguatkan jalinan chemistry dan rencana koalisi kami,” ujarnya.

Aher ditawarkan PKS sebagai Cawapres Anies Baswedan kepada calon mitra koalisi. Sebelumnya, Aher merupakan mantan Gubernur Jawa Barat dua periode sejak 2008 hingga 2018.

Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid, hakulyakin Aher mempunyai kapasitas dan kapabilitas sebagai pendamping Anies dalam Pilpres 2024. Menurut dia, kemenangan Aher di Jawa Barat merupakan bukti elektabilitasnya tak hanya di survei, namun juga di lapangan.

“Kang Aher dua kali menang di Jawa Barat. Ini bukti elektabilitas beliau teruji bukan hanya di survei, tapi di realitas,” kata Kholid saat dihubungi, Selasa, 25 Oktober 2022.

Dia menilai Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk tertinggi di Indonesia. Adapun Suku Sunda adalah suku terbesar kedua setelah Jawa. Oleh sebab itu, kata dia, kepemimpinan Aher sudah teruji kala memimpin daerah ini selama 10 tahun. “Kapasitas Aher terbukti bagus ketika memimpin 10 tahun Jawa Barat,” ujarnya.

Adapun chemistry antara Aher dengan Anies disebut Kholid sudah dekat. Di sisi lain, kata Kholid, hubungan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dengan PKS memang selalu dekat. “Insya Allah dekat (Anies-Aher). Kalau Pak Anies mah selalu dekat dengan PKS,” kata dia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel