-->

Boris Jhonson Siap Maju Sebagai PM Inggris


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Boris Johnson mempertimbangkan upaya berani untuk memenangi masa jabatan kedua sebagai PM Inggris, hanya beberapa minggu setelah dia dipaksa mundur pada Juli lalu.

Namun, prospek kembalinya arsitek Brexit ke pemerintahan menyebabkan perpecahan dalam tubuh partai berkuasa Inggris, Konservatif.

Pada Sabtu, Johnson mempersingkat liburannya di Karibia dan kembali ke Inggris, beberapa hari setelah Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengundurkan diri. Kendati demikian, ia belum berkomentar secara terbuka untuk berebut posisi sebagai PM Inggris.

Sambutan negatif langsung diterima Johnson, 58 tahun, setelah ia diejek oleh beberapa penumpang di dalam pesawat menuju Inggris.

Hal ini dilaporkan seorang reporter Sky News yang turut dalam penerbangan yang tiba di London pada Sabtu pagi. Mengenakan jaket gelap dan ransel, Johnson melambai kepada fotografer di Bandara Gatwick sebelum berjalan pergi.

Dia telah menerima dukungan dari lusinan anggota parlemen Konservatif, tetapi perlu mengamankan 100 dukungan untuk dapat dipertimbangkan.

Bagi sejumlah anggota parlemen Konservatif, Johnson adalah pemenang suara yang mampu menarik perhatian seluruh negeri, tidak hanya dengan jiwa selebritasnya. tetapi juga dengan optimismenya.

Namun, bagi banyak orang, dia adalah sosok yang tidak menyenangkan. Kemampuannya untuk bisa meyakinkan puluhan anggota parlemen yang sebelumnya meninggalkannya, dipertanyakan.

Johnson meninggalkan Downing Street No.10 diselimuti skandal. Dia saat ini sedang diselidiki oleh Komite Keistimewaan parlemen untuk menentukan apakah dia berbohong kepada House of Commons atas partai-partai yang melanggar pembatasan COVID-19.

“Tidak benar mengambil risiko mengulangi kekacauan [dan] kebingungan tahun lalu,” kata David Frost, mantan menteri setia yang ditunjuk untuk House of Lords oleh Johnson.

“Kita harus maju”, ia mendesak para legislator, seraya menambahkan bahwa mereka “harus mendukung pemimpin yang cakap yang dapat menyampaikan program Konservatif” yang dia identifikasi sebagai mantan menteri keuangan Sunak.

Dominic Raab - wakil perdana menteri Johnson – mengungkapkan hal senada. Kepada Sky News, Raab mengatakan bahwa penyelidikan parlemen yang akan segera terjadi terhadap skandal "Partygate" bisa terbukti terlalu mengganggu.

“Pekerjaan setiap anggota kabinet, apalagi PM Inggris, adalah berkonsentrasi tanpa henti dan konsisten dengan fokus pada orang-orang Inggris – dari ekonomi hingga NHS, sekolah, kejahatan, imigrasi,” kata Raab. "Sulit untuk melihat bagaimana Anda bisa melakukan itu, jika pada saat yang sama Anda memberikan bukti, memberikan kesaksian, Kami akan tertangkap kembali di hari pertama opera sabun politik Partygate."

Meski begitu, sejumlah tokoh senior Partai Konservatif masih mendukung Johnson, termasuk mantan menteri dalam negeri Priti Patel.

Sementara itu, memposting foto Johnson di Facebook-nya, anggota parlemen Konservatif Lee Anderson mengungkapkan bahwa dia mendukungnya setelah "obrolan panjang tentang segala sesuatu di masa lalu dan sekarang".

“Inbox saya penuh dengan BBB,” katanya, merujuk pada akronim dan tagar “Bawa Kembali Boris” yang digunakan oleh para pendukungnya.

Meskipun Johnson tetap populer di kalangan anggota partai yang dapat memutuskan kontes, jajak pendapat menunjukkan bahwa dia secara luas tidak disukai oleh para pemilih, dengan survei YouGov menemukan 52 persen menentang kembalinya dia.

Jajak pendapat lain juga menunjukkan tiga dari lima pemilih sekarang menginginkan pemilihan umum daripada pemilihan PM Inggris dari partai Konservatif. Hal ini sejalan dengan tuntutan dari partai-partai oposisi, ketika warga Inggris berjuang dengan krisis biaya hidup yang memburuk. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel