-->

Anthonius Ayorbaba Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

Anthonius Ayorbaba Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Bertempat di Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam memperingati hari kesaktian Pancasila tahun 2022. Upacara yang diikuti jajaran Kanwil Kemenkumham Papua itu berlangsung penuh khidmat. Perlu di ketahui Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober sejak 1967. Hari bersejarah ini ditetapkan langsung oleh Presiden ke-2 Indonesia Soeharto.

Tepatnya, melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 153 Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang tujuh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tewas di Pondok Gede, Jakarta Timur atau dikenal dengan Lubang Buaya pada 30 September 1965.

Tujuh anggota TNI AD tersebut merupakan korban penculikan dan pembantaian kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) atau dikenal juga sebagai Gerakan 30 September 1965. Hal ini menjadi cikal bakal sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Dalam amanat singkatnya Kakanwil menyampaikan bahwa hari kesaktian harus di ikuti dengan semangat berkinerja sebagai ASN di Kementerian Hukum dan HAM RI yang semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk melayani masyarakat.

"Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati dengan upacara ini haruslah kita ikuti dengan semangat berkinerja semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk melayani masyarakat, Nusa dan Bangsa" Ujar Kakanwil.
Selanjutnya kakanwil juga berpesan agar menjadikan hari kesaktian pancasila untuk lebih mempererat persatuan dan kesatuan bangsa kepada seluruh lapisan elememen masyarakat karena Pancasila sendiri adalah ideologi yang mempersatukan Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa.

"Ideologi Pancasila adalah ideologi yang sangat luar biasa, Karena Pancasila lah yang mempersatukan kita dalam bingkai NKRI yang terdiri dari beraneka ragam suku, RAS, Agama dan Budaya. Tutupnya.

Turut serta dalam upacara ini pejabat Eselon III, IV, Ka UPT dalam kota, JFT dan JFU di jajaran Kanwil Kemenkumham Papua.(HumasKemenkumhamPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel