-->

Pemerintah AS Setuju untuk Penjualan Senjata Lebih dari $1 Miliar pada Taiwan


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Pemerintahan Biden, Jumat (2/9) mengumumkan penjualan senjata lebih dari $1 miliar kepada Taiwan ketika ketegangan AS-China meningkat terkait status pulau itu.

Penjualan $1,09 miliar termasuk $355 juta untuk rudal udara-ke-laut Harpoon dan $85 juta untuk rudal udara-ke-udara Sidewinder, kata Departemen Luar Negeri.

Meski demikian, porsi terbesar dari penjualan senjata itu adalah paket dukungan logistik senilai $655 juta untuk program radar pemantau Taiwan, yang memberikan peringatan dini kepada sistem pertahanan udara. Sistem peringatan dini tersebut menjadi semakin penting karena China telah meningkatkan latihan militer di dekat Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai provinsi pemberontak.

Departemen Luar Negeri mengatakan peralatan itu diperlukan oleh Taiwan untuk "mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang memadai." Pemerintah memberi tahu Kongres tentang penjualan itu, Jumat.

Pemerintahan Biden mengatakan kesepakatan itu sesuai dengan kebijakan AS Satu China. Ia juga mendesak Beijing "untuk menghentikan tekanan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan dan sebaliknya agar terlibat dalam dialog yang berarti dengan Taiwan."

Ketegangan dan retorika keras antara AS dan China terkait Taiwan telah meningkat tajam sejak Ketua DPR Nancy Pelosi berkunjung ke pulau itu bulan lalu.

Sejak perjalanan Pelosi ke Taipei, setidaknya ada dua kunjungan anggota kongres lainnya dan beberapa gubernur negara bagian AS, yang semuanya dikecam China. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel