-->

Jerman Amankan Jalur Listrik ke Pulau Energi Terbarukan di Laut Baltik


BERLIN, LELEMUKU.COM - Jerman telah mengamankan sambungan listrik ke pusat pembangkit listrik tenaga angin yang rencananya dibangun di wilayah Denmark di Laut Baltik yang akan membantu mengurangi ketergantungan energi pada Rusia, kata Kementerian Energi Denmark pada Senin (29/8).

Pusat energi yang direncanakan di Pulau Bornholm itu pada tahun 2030 akan menghubungkan beberapa ladang angin lepas pantai di Laut Baltik dengan total kapasitas pembangkit sedikitnya 3 gigawatt, cukup untuk memberi daya listrik bagi 4,5 juta rumah tangga Jerman, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Pusat tersebut akan dihubungkan ke Jerman melalui kabel listrik sepanjang 470 kilometer.

Investasi dan laba mendatang akan dibagi rata antara Jerman dan Denmark, kata pernyataan itu tanpa memberi rincian finansialnya.

“Kerja sama Denmark Jerman merupakan proyek unggulan,” kata Menteri Ekonomi dan Iklim Jerman Robert Habeck dalam sebuah pernyataan. “Listrik ramah lingkungan dari Pulau Energi Bornholm akan menambah produksi listirk nasional dan mengurangi ketergantungan kita pada impor energi fosil,” lanjutnya.

Pulau Energi Bornholm adalah bagian dari rencana lebih luas Denmark untuk meningkatkan produksi listrik tenaga angin lepas pantai di dalam negeri hingga lima kali lipat pada tahun 2030.

Rencana awal negara-negara di Eropa Utara membangun jaringan listrik bersama di bawah Laut Utara untuk menghubungkan ladang-ladang angin lepas pantai pada masa depan telah menghadapi tantangan keuangan dan regulasi.

Denmark akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak energi di pulau di Laut Baltik itu pada hari Selasa. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel