-->

Itaru Nakamura Mundur Diri Akibat Penembakan Shinzo Abe


JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Kepolisian Nasional Jepang, Itaru Nakamura, mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis, 25 Agustus 2022. Pengunduran diri Nakamura setelah penyelidikan keamanan terhadap mantan perdana menteri Shinzo Abe, yang dibunuh pada Juli.

Nakamura sebelumnya menyatakan penyesalannya atas kegagalan polisi melindungi Abe saat berkampanye pada 8 Juli 2022. Dia mengakui ada kekurangan dalam perlindungan untuk Abe. "Kami telah memutuskan untuk menggoyahkan personel kami dan memulai kembali tugas keamanan. Itulah sebabnya saya mengajukan pengunduran diri kepada Komisi Keamanan Publik Nasional hari ini," kata Itaru Nakamura kepada wartawan.

Pernyataan pada konferensi pers oleh Itaru Nakamura ini merupakan dampak paling besar dari pembunuhan Abe. Para ahli menganggap pengamanan saat kampanye Abe tidak memadai hingga akhirnya terjadi penembakan.

Menurut para pakar keamanan yang mengamati rekaman saat Abe berkampanye, pengawal semestinya bisa menyelamatkan Shinzo Abe. Pengawal dapat melindungi atau menarik Abe dari garis tembak dalam 2,5 detik antara tembakan pertama yang gagal dan tembakan mematikan kedua.

Pejabat Jepang, termasuk Perdana Menteri Fumio Kishida, telah mengakui kelemahan keamanan di sekitar Abe di acara kampanye pemilihan. Adapun Badan Kepolisian Nasional sebelumnya mengatakan bahwa pembunuhan itu adalah akibat dari kegagalan polisi memenuhi tanggung jawab mereka. Lembaga itu menambahkan bahwa mereka telah membentuk tim untuk meninjau langkah-langkah keamanan dan perlindungan serta mengembangkan langkah-langkah pencegahan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel