-->

Victor Mackbon Hadiri Pesta Adat Peresmian Rumah Ondoafi Jouwe di Kayu Pulau

Victor Mackbon Hadiri Pesta Adat Peresmian Rumah Ondoafi Jouwe di Kayu Pulau

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Pesta Adat Peresmian Rumah Ondoafi Jouwe di Kampung Kayu Pulau dihadiri Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, Senin (4/7/2022) sore.

Pesta Adat Peresmian Rumah Ondoafi Jouwe yang berlangsung diselenggarakan oleh Ondoafi Suku Jouwe Kampung Kayo Pulau Nicoolas Jouwe.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua Panitia Nasional Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ke VI / Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, Dansatrol Lantamal X Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim, I. ST., M. Tr (Hanla), Asisten I Setda Kota Jayapura Evert Nikolas Meraudje, S.Sos., M.Si, Ketua LMA Port Numbay George Arnold Awi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Benoni Mano, S.PAR, M.KP beserta Para Kepala Suku dan Masyarakat Se-Kampung Kayo Pulau.

Dalam sambutannya, Ketua LMA Port Numbay George Arnold Awi memberikan Apresiasi kepada Pemerintah Kota Jayapura melalui kepala Kampung yang sudah membangun rumah Ondoafi Jouwe, dan ini merupakan pertama kali di Kota Jayapura.

"Rumah Ondoafi mempunyai Filosofi, Ondoafi harus seperti matahari, dengan Memberikan penerangan di Kampung. Pada peresmian Rumah adat ini dengan kehadiran beberapa Pejabat dari segala elemen, sangatlah penting, nilai-nilai adat ini tidak boleh ditinggalkan, apalagi untuk generasi muda," ujarnya.

Mewakili Penjabat Walikota Jayapura, Asisten I Evert Meraudje, S.Sos., M.Si menuturkan Puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, sehingga kita dapat hadir dalam peresmian rumah adat Ondoafi Jouwe, dengan pembangunan rumah adat Keondoafian Jouwe merupakan salah satu tindakan dalam melindungi hak-hak adat di Wilayah Port Numbay.

"Kota Jayapura merupakan salah satu Kota yang unik di Indonesia, karena memiliki 14 kampung diantaranya ada beberapa Kampung adat, Karena bertujuan dalam mempertahankan Keunikan Adat yang sakral dan yang baik untuk diadopsi, pelestarian Nilai-nilai adat berkolaborasi pada zaman yang semakin modern dan teknologi canggih oleh sebab itu informasi dapat cepat terakses, maka yang Terjadi kelunturan dari nilai-nilai adat di kalangan Pemuda pemudi, maka kami berpesan kepada mereka agar mempertahankan nilai-nilai Kebudayaan yang berbudi pekerti yang luhur," tukasnya.

Ondoafi Suku Jouwe Kampung Kayo Pulau Nicoolas Jouwe menegaskan, Acara ini memang hanya Ondoafi yang bisa melakukan setelah melewati beberapa proses proses hingga saat ini.

"Kampung kami ada 2 Ondoafi yaitu Ondoafi Sibi dan Jouwe, saya sudah membangun rumah Ondoafi kurang lebih 25 tahun ketika saya mulai mengerjakan terlebih dulu saya meminta ijin untuk diberikan tanggung jawab dari Orang Tua sampai proses pembangunan selesai. Kedepan rumah adat ini akan terbuka bagi siapapun an bisa menerima siapa saja," tandasnya.

Giat dilanjutkan dengan Penabuhan Tifa dari Kampung Skouw yang menandakan Peresmian Rumah Ondoafi diresmikan disertai dengan Dansa adat.(humaspolrestajayapurakota)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by