-->

KM Ciremai Terbakar Saat Lego Jangkar di Perairan Teluk Jakarta

KM Ciremai Terbakar Saat Lego Jangkar di Perairan Teluk Jakarta.lelemuku.com.jpg

JAKARTA UTARA, LELEMUKU.COM - Kapal Penumpang Pelni, KM Ciremai mengalami kebakaran di perairan Teluk Jakarta, tepatnya di bagian utara Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis, 28 Juli 2022 petang.

Menurut Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Laode Muhammad pihaknya bergerak cepat melaksanakan penanggulangan kebakaran KM Ceremai yang baru saja turun dock di posisi 2 NM dari Galangan Kapal Koja - Tanjung Priok.

"Saat terbakar KM. Ciremai yang tengah lego jangkar di Teluk Jakarta itu tanpa ada penumpang dan hanya ABK dan kru kapal yang melakukan panggilan darurat Radio Komunikasi ke VTS Tanjung Priok," jelas dia dalam rilis media.

Setelah mendapatkan laporan, lanjut Kolonel Laode, pihaknya langsung bergerak menuju titik koordinat lokasi KM. Ciremai terbakar untuk membantu proses pemadaman api yang membakar sejumlah bagian di dalam kapal.

Sejumlah unsur TNI AL yang turut memberikan bantuan seperti KRI Tenggiri-865, KRI Golok-688, RHIB Satrol Lantamal III dan Sea Rider Satrol Lantamal III. Mereka bersama-sama dengan Kapal Basarnas, KN 356 KPLP, Speed Boat Polairud dan 4 kapal pemadam yakni TD Malabar, TD Galunggung, TB. Jayakarta 3 dan TB. Abimanyu 1 hingga api berhasil di padamkan.

"Respon yang sangat cepat tersebut berhasil memadamkan api dan tidak sempat menyebar serta meminimalisir keruagian materil akibat kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini namun kerusakan terparah terjadi di Ruang Kelas Penumpang Ekonomi," jelas dia.

KM Ciremai baru saja selesai melaksanakan Dock di Docking DKB dan akan kembali beroperasi di Pelabuhan Murhum pada tanggal 3 Agustus 2022 mendatang, namun terbakar saat dalam posisi Lego jangkar.

"Kebakaran di dalam kapal KM. Ciremai akhirnya berhasil dipadamkan oleh Tug Boat dari Pelindo, dibantu Tug Boat TNI AL TD. Galunggung, TD. Malabar serta 2 Searider F1QR Lantamal III Jakarta," kata Kadispen Koarmada I. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel