-->

Derek Hegemur Dorong Kelitbangan Daerah Jadi Pilar Utama Pembangunan Papua

Derek Hegemur Dorong Kelitbangan Daerah Jadi Pilar Utama Pembangunan Papua.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur mendorong agar kelitbangan di daerah, dapat didudukkan sebagai pilar utama dalam rangkaian pelaksanaan pembangunan. Hal demikian, karena kegiatan kelitbangan dapat dilakukan mulai pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan pembangunan.

Mmelalui fungsi kelitbangan pula, lanjut dia, kita dapat memberikan masukan-masukan sebagai dasar pertimbangan perumusan setiap kebijakan strategis pembangunan daerah, yang terlebih dahulu dilakukan melalui kajian ataupun penelitian".

"Sehingga OPD di lingkup provinsi, nantinya dapat memanfaatkan hasil-hasil kelitbangan sebagai rujukan pimpinan OPD dalam pengambil kebijakan," ujar Asisten Derek, di Jayapura, Kamis (30/6/2022), pada Rapat Koordinasi (Rakor) Hubungan pusat dan daerah dalam strategi kebijakan pemerintahan dalam negeri guna meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Papua.

Derek pada kesempatan itu mengimbau para ASN di Papua, agar dapat memahami dan melaksanakan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) lalu Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Indeks Tata Kelola Pemerintahan Daerah (ITK).

Dengan demikian, dapat tercipta sinergi pemangku kepentingan dalam mewujudkan sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berkualitas. Dimana sejak dilaksanakan penerapan IID, Pemprov Papua pada 2021 menempati urutan ke 17 (Tujuh Belas) dari 34 (tiga puluh empat) provinsi dengan predikat provinsi inovatif.

"Sebab dengan ini pula, menunjukan kesungguhan Pemerintah Provinsi Papua yang ingin berubah mengejar  ketertinggalan dari provinsi lain," tandasnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel