-->

Sebastian Vettel dapat Kesempatan untuk Kendarai Mobil Lengendaris dari Aston Martin


PARIS, LELEMUKU.COM - Mobil pertama Aston Martin di arena Grand Prix dikenal dengan sebuatan Green Pea. Juara dunia empat kali Sebastian Vettel dipercaya untuk melakukan victory lap ini di Sirkuit Paul Ricard di Le Castellet, dekat Marseille, di mana Grand Prix akan mulai diselenggarakan Minggu (24/7).

Vetter sendiri merasa senang diberi kesempatan itu. “Sungguh luar biasa membayangkan berapa lama mobil ini sudah ada. Sungguh senanag melihat mobil itu masih ada, dan saya tak sabar berada di belakang kemudinya. Saya kira itu akan sangat, sangat berbeda dengan yang biasa saya lakukan. Tapi, idenya memang seperti itu kan.”

Sejarah Green Pea dimulai dari pendiri bersama Aston Martin, Lionel Martin dan Robert Bamford yang selalu bermimpi memproduksi mobil balap untuk bisa berlaga di sirkuit Grand Prix.

Where our Grand Prix story began.100 years ago, @astonmartin made its Grand Prix racing debut at the 1922 #FrenchGP. Louis Zborowski drove the TT1, affectionately nicknamed ‘Green Pea’, while Clive Gallop piloted the TT2 in the 60-lap, 800km race at Strasbourg.#AstonMartin pic.twitter.com/6jTmdAt234

— Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team (@AstonMartinF1) July 16, 2022
Pada awal masa kejayaan ekonomi Roaring Twenties, pasangan ini diperkenalkan kepada pembalap Count Louis Zborowski, yang menyukai merek tersebut setelah mengendarai salah satu mobil hasil karya mereka. Dengan uang yang dimiliki Zborowski, mereka akhirnya mengembangakna mesin balap empat silinder 16-katup ganda yang sama sekali baru.

Mobil Grand Prix Aston Martin pertama, yang melibatkan unit mesin 1.486 cc, mampu menghasilkan 55 tenaga kuda pada 4.200 rpm (revolutions per minute). Mobil itu berbobot 750 kg, 45 kg lebih ringan dari versi terbarunya saat ini -- AMR22.

Mobil itu memiliki kecepatan tertinggi 137 kilometer per jam dan dilengkapi dua kursi. Sesuai dengan peraturan Grand Prix saat itu, salah satu kursi diperuntukkan bagi mekanik yang tugasnya memberi tekanan pada tangki bahan bakar dengan pompa tangan.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel