-->

Eltinus Omaleng Optimis Ibu kota Provinsi Papua Tengah di Mimika

Eltinus Omaleng Optimis Ibu kota Provinsi Papua Tengah di Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Tanggal 30 Juni penetapan rancangan undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk 3 provinsi di wilayah Papua, dan calon ibu kota Provinsi Papua Tengah menjadi perdebatan hangat.

Walaupun demikian, Bupati Mimika Eltinus Omaleng optimis Kabupaten Mimika akan terpilih jadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

"Jadi ini kan walaupun mereka mau tetapkan tanggal 30 nanti tapi kita masih berjuang terus, kami yakin bahwa tetap ibu kota akan ada di Timika," Kata Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Selasa (28/6/2022).

Dilihat dari aspek penunjang baik infrastruktur dan fasilitas penunjang lain, Kabupaten Mimika layak, jika dibandingkan Kabupaten Nabire dan kabupaten kabupaten lain yang tergabung dalam wilayah Papua Tengah. 

Ia meyakini bahwa ada pertimbangan-pertimbangan lain dari pemerintah pusat dalam hal ini Komisi II DPR RI, sehingga Kabupaten Mimika akan ditunjuk menjadi ibu kota PPT.

"Karena semua akses dan kelayakan kedudukan di Timika. Sehingga kalau di bawa kemana-mana itu lucu," tuturnya.

Menurut Omaleng, Kabupaten Mimika sudah lama mempersiapkan diri sebagai ibukota dengan membangun infrastruktur termasuk gedung pemerintahan yang akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

"Sudah lama kami siapkan semua ini," kata Omaleng. (Ricky Lodar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by