-->

Ma'ruf Amin Bertemu Wapres Zimbabwe , Harap Peningkatkan Kerja Sama


JAKARTA,LELEMUKU.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu Wakil Presiden sekaligus Menteri Kesehatan dan Perlindungan Anak Republik Zimbabwe Jenderal (Purn) Constantino Chiwenga di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Ma'ruf berharap adanya peningkatan kerja sama antara Indonesia Dan Zimbabwe dalam berbagai bidang, mulai dari ekonomi hingga militer.

Ia mengatakan, pada 2021, volume perdagangan Indonesia-Zimbabwe mencapai 84,86 juta dollar AS atau meningkat dibandingkan tahun 2020 yaitu 60,28 juta dollar AS.

"Pada tahun 2021 sebesar USD 76,38 juta atau meningkat dari sebelumnya USD 57,57 juta di tahun 2020," kata Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Oleh karena itu, ia mendorong adanya keseimbangan perdagangan, salah satunya ekspor produk bahan baku Indonesia.

"Di sektor strategis, Indonesia juga memiliki kemampuan produksi alat-alat militer, seperti kendaraan dan persenjataan dan non-militer dari PT Pindad untuk modernisasi militer Zimbabwe," ujar dia.

Senada dengan Ma'ruf, Wapres Chiwenga berharap Indonesia dapat membantu negaranya dalam mengembangkan infrastruktur, khususnya merevitalisasi perkretaapian melalui kerja sama dengan beberapa BUMN terkait.

"Dalam hal pengembangan infrastruktur saya akan mengunjungi BUMN terkait yaitu PT Inka, PT Wika, dan PT LEN, di mana hal ini merupakan suatu upaya untuk dapat merevitalisasi sistem perkretaapian kami dan juga untuk mendorong pemulihan ekonomi," ujar dia.

Chiwenga mengatakan, kerja sama di bidang pertahanan juga ditingkatkan melalui pertukaran, kunjungan, dan pelatihan antarindustri pertahanan.

Menurut dia, Zimbabwe juga sangat terbuka untuk kerja sama dalam berbagai bidang lain seperti pariwisata, pertambangan, pertanian, dan energi terbarukan.

"Zimbabwe akan mempertimbangkan berbagai mekanisme pembiayaan, antara lain build operate transfer (BOT), kerja sama public and private partnership, dan juga joint venture," kata dia. (Oktofina Batlajery)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel