-->

Jack Komboy Ingin KONI Papua Serius Persiapkan Atlet Jelang Porprov dan PON XXI

Jack Komboy Ingin KONI Papua Serius Persiapkan Atlet Jelang Porprov dan PON XXI
JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Guna mempertahankan prestasi olahraga Papua yang ditorehkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, maka Komisi V DPRP meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk mempersiapkan atlet Papua menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua dan  PON XXI  di Aceh dan Sumatera Utara.

"Kami ingin mendengar sejauhman KONI Papua mempersiapkan atlet menghadapu Porprov dan PON XXI, sebab pasca PON XX tahun 2021 lalu,  KONI menyampaikan ada banyak prestasi yang telah dicapai dan hal itu kami di Komisi V sangat mengapresiasi, karena Papua pada PON XX  berada di rangking 4 nasional. euphoria itu sudah selesai, sekarang bagaimana mempersiapkan diri mengahadapi PON 2024 yang akan datang,”  tegas Wakil Ketua Komisi V DPRP Kamasan Jakobus Komboy kepada Humas DPRP usai RDP Komisi V bersama KONI Papua di Hotel Suni Abepura, Rabu, (25/05/ 2022)

Dikatakan Komboy bahwa dalam rangka mempersiapkan atlet Papua pada iven olahraga nasional seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Papua sebagai Provinsi Olahraga, Komisi V DPRP minta KONI Papua harus membangun komunikasi dan koordonasi dengan KONI Kabupaten/Kota.

"Kami minta KONI Papua melibatkan KONI kabupaten/kota dalam waktu dekat ini sehingga bisa mempersiapkan atlet Papua untuk berlaga pada ivent Porprov nanti," Ujarnya.  Sebab, menurut mantan Defender Persipura ini, Porprov adalah salah satu ajang dalam  proses pembinaan dan penjaringan atlit," Porprov itu ajang pembinaan atlet sehingga kami minta KONI dan pemerintah harus merespon baik, agar lewat ajang ini muncul atlit-atlit yang handal, kemudian diseleksi untuk mengikuti PON XXI tahun 2024," paparnya

Ditambahkan politikus Partai Hanura Papua ini bahwa dalam RDP Komisi V DPRP ini selain membahas persiapan Porprov dan PON XXI, KONI Papua juga melaporkan  capaian prestasi atlet Papua yang mengikuti ajang Sea Games Vietnam Tahun 2022 ini.

"KONI Papua juga melaporkan prestasi atlet Papua yang berhasil meraih prestasi di Sea Games Vietnam.Bagian ini Komisi V apresiasi dan kami berharap tidak hanya sampai Asian Games saja tetapi bisa juga tampil di Olympiade. Itu mimpi kita semua. Jadi, kami berharap KONI dapat mengembangkan dan menyiapkan para atlit untuk bisa berprestasi. Kalau persiapan baik maka hasilnya akan baik,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan bahwa dalam RDP ini, selain membahas prestasi olahraga Papua pada PON XX dan persiapan atlet menghadapi Porprov dan PON XXI tetapi juga membahas bagaimana Papua menuju Provinsi Olahraga.

"Intinya KONI Papua akan menyiapkan pembinaan olahraga prestasi secara kontinyu, sehingga setelah event PON ini, atlet-atlet yang sudah berprestasi dan masih memiliki potensi akan kita bina untuk Porprov dan PON 2024 nantinya,” ujar Kogoya

Dikatakan Kogoya bahwa untuk menyiapkan pembinaan olahraga,pihaknya minta  kepada seluruh cabang olahraga untuk tidak meninabobokan  atletnya setelah menerima bonus. Tetapi, pelatih dan atlit harus mulai latihan dari sekarang.

“Jangan bersantai-santai, karena waktunya sudah semakin dekat dan tahun depan sudah pelaksaan pra PON. Kalau PON kemarin, kita selaku tuan rumah tidak mengikuti pra PON, namun pada PON 2024 ini kita wajib ikut pra PON,” pintanya

Lebih jauh dikatakan mantan Anggota DPRP ini bahwa untuk mempertahankan prestasi olahraga Papua kedepan pihaknya meminta keseriusan pemerintah.

"Kami berharap prestasi olahraga Papua yang telah ditorehkan lewat kebijakan Gubernur Lukas Enembe dapat dilanjutkan Penjabat Gubernur atau Gubernur berikutnya mengingat tak lama lagi masa jabatan Gubernur Papua akan berakhir masa jabatannya," ucapnya

Ditambahkan Kogoya terkait persiapan Papua menghadapi  Porprov, Kenius menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan atlet namun terkendala pembiayaan yang merupakan ranahnya pemerintah provinsi.

"Intinya kami siap mengikuti Porprov yang akan digelar pada November tahun ini. akan tetapi, jika pemerintah memfasilitasi dengan anggaran yang cukup, kami pasti mempersiap atlet untuk ikut ajang tersebut, kita tetap ikuti kebijakan pemerintah provinsi,” pungkasnya

Sekedar diketahui RDP Komisi V DPRP bersama KONI Papua dipimpin oleh Ketua Komisi V DPRP Timilis Yikwa, Wakil Ketua Komisi V DPRP Kamasan Y Komboy dan Sekretaris Komisi V DPRP Fauzun Nihayah serta Anggota Komisi V DPRP diantanya, Tarius Mull, Elly Wonda, Deky Nawipa, Piter Kwano, Natan Pahabol, Namantus Gwijangge, dan Hengky Bayage. (HumasDPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel