-->

Vebian Magal Sebut Pemberdayaan Suku Amungme Kamoro Pasca Covid-19 Terus Berlanjut


JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Direktur Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) sebagai Pengelola Dana Kemitraan PT. Freeport Indonesia menyebutkan pemberdayaan masyarakat pasca Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut.

Pihaknya menyalurkan dana sebesar Rp40 miliar kepada kedua suku, yaitu suku Amungme sebesar Rp20 miliar dan jumlah yang sama untuk suku Kamoro yang dipakai untuk pemberdayaan masyarakat melalui program kampung.

“Dananya dibagi Rp20 miliar di pesisir dan Rp20 miliar pegunungan. Masyarakat tidak lagi datang ke kota, tapi aktifitas dilakukan di kampung mereka masing-masing,” sebut Magal kepada Lelemuku.com pada Jumat, 29 April 2022.

Melalui program itu, YPMAK terus berupaya memberikan motivasi dan melatih masyarakat dalam memberdayakan dan mengembangkan kampung dengan semua potensi local yang ada.

“Ini program yang kami jalankan pasca covid-19,” ujar Magal.

Program kampung sudah dilakukan sejak bulan Desember 2021 dengan tujuan mampu memberikan tambahan penghasilan yang meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu perubahan status Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) menjadi yayasan sejak tahun 2019 difokuskan pada pemberdayaan masyarakat, bukan pengembangan dimana masyarakat diberikan kesempatan menciptakan program dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan program tersebut.  

Kegiatan tahap I program itu telah dijalankan dengan baik sebagai bentuk edukasi dan pembelajaran, seperti pembuatan dan pengecetan pagar kampung, pembersihan lingkungan serta akan dilanjutkan dengan tahap II dan selanjutnya dengan menyasar potensi kampung, seperti bidang perikanan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel