-->

Prabowo, Ganjar dan Anies 3 Teratas di Survei Capres 2024 PRC

Prabowo, Ganjar dan Anies 3 Teratas di Survei Capres 2024 PRC.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Hasil sigi lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi tiga teratas sebagai calon presiden atau Capres 2024 potensial.

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo menyebut, elektabilitas Ganjar naik paling signifikan di antara tiga tokoh tersebut.

"Berdasarkan empat kali survei kami sejak Februari 2020, dalam simulasi 21 nama, elektabilitas Prabowo Subianto cukup stabil, Ganjar Pranowo naik signifikan (dari 13 persen menjadi 20 persen), dan Anies sedikit mengalami kenaikan," ujar Rio dalam konferensi pers daring, Senin, 15 November 2021.

Hasil survei PRC dengan simulasi 21 nama, elektabilitas Prabowo menempati posisi pertama dengan 21,1 persen (survei sebelumnya 21,2 persen), Ganjar 20,5 persen (survei sebelumnya 13,5 persen), dan Anies 13,6 persen (survei sebelumnya 12,5 persen).

"Jadi saya melihat, Ganjar ini semakin ditekan dia, kayak kemarin kan ada polemik celeng-banteng, semakin naik elektabilitasnya," ujar Rio.

Sementara jika menggunakan pertanyaan terbuka, elektabilitas Prabowo masih menempati urutan pertama dengan 14,7 persen, namun turun signifikan dari survei PRC sebelumnya pada Desember 2020, yakni 19,7 persen. Anies juga turun dari sekitar 11,8 persen menjadi 7,7 persen. Hanya elektabilitas Ganjar Pranowo yang stabil di kisaran 11 persen.

Survei soal Capres 2024 dilakukan pada pada 8 Oktober-4 November 2021. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan total responden sebanyak 1.220 orang. Sedangkan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.(Dewi Nurita| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel