-->

Polisi Tangkap 30 Aktivis dan Masyarakat Adat Tano Batak yang Demo di KLHK

Polisi Tangkap 30 Aktivis dan Masyarakat Adat Tano Batak yang Demo di KLHK.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Polisi menangkap 30 orang, terdiri dari aktivis dan masyarakat adat Tano Batak, dalam aksi demonstrasi di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Jumat, 26 November 2021.

Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL (Toba Pulp Lestari) itu, kata Kapolsek Tanah Abang Komisaris Haris Kurniawan, mencoba masuk ke kantor KLHK untuk bertemu Menteri Siti Nurbaya.

Haris menjelaskan, mulanya para pendemo berada di luar pagar Kantor KLHK, namun menerabas masuk. Sekitar pukul 18.00 WIB, kata Haris, polisi sudah mengimbau agar massa membubarkan diri.

"Tapi mereka teriak bilang 'ya sudah, kami menginap di sini saja. Bagaimana caranya bisa bertemu Ibu Menteri'," ucap Haris saat dikontak wartawan petang ini, Jumat 26 November 2021.

Haris menyebut penangkapan itu bertujuan untuk mencegah demonstran berlaku anarkis. Puluhan masyarakat adat Tano Natak itu lantas dibawa ke Polres Metro Jakarta Pusat untuk didata.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Pusat Wisnu Wardhana memastikan para demonstran akan dipulangkan malam ini. "Nanti kami berikan layanan kemanusiaan dulu. Kami beri makan, habis itu kami pulangkan malam ini," tutur dia.

Dalam aksi damai itu, para aktivis dan warga tanah adat Tano Batak menuntut agar PT. TPL ditutup lantaran telah mengambil dan mengeksploitasi tanah adat. Amnesty International Indonesia meminta agar para aktivis dan masyarakat adat segera dibebaskan.

Mereka juga meminta agar polisi mengusut dugaan kekeraan terhadap para demonstran yang merupakan masyarakat adat Tano Batak. "Penangkapan mereka hari ini tidak boleh menjadi bagian dari politik kriminalisasi yang berlanjut," tutur Usman Hamid, Direktur Eksekutif Amnesty International, dalam keterangan tertulisnya. (Adam Prireza/ Muhammad Hidayat| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel