-->

Inilah 7 Bahan Obrolan agar Kencan Pertama Pasca Pandemi Tak Canggung

Inilah 7 Bahan Obrolan agar Kencan Pertama Pasca Pandemi Tak Canggung .lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Berbulan-bulan pembatasan jarak sosial dan tinggal di rumah telah membuat beberapa dari kita sedikit canggung secara sosial. Ketika Anda tidak secara aktif terlibat dengan orang-orang secara tatap muka, mungkin terasa sulit untuk mengingat dengan tepat bagaimana berbasa-basi dan melakukan percakapan yang bermakna. Terutama jika Anda berpikir untuk berkencan lagi, ada beberapa  saran tentang apa yang harus dilakukan ketika kencan pertama menjadi canggung, dan bagaimana menentukan apakah Anda harus pergi pada kencan kedua.

Christie Kederian, PhD, psikolog dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, menjelaskan penyebab kencan pertama menjadi canggung karena berkaitan dengan berbagai macam pemikiran yang berkecamuk di benak Anda. "Pada kencan pertama, ada banyak hal yang terjadi secara psikologis," katanya. "Anda harus menyulap beberapa lapisan dalam pikiran Anda."

Lapisan pertama adalah rekonsiliasi bahwa Anda akan menghabiskan waktu dengan seseorang yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. "Sejak usia muda kita diberitahu, 'jangan bicara dengan orang asing,'" kata Kederian. Kedua, Anda mencoba menilai kompatibilitas—yaitu, apakah Anda merasakan hubungan dengan orang ini? Dan lapisan ketiga adalah chemistry. Apakah Anda bergaul dengan baik? Apakah Anda senang berbicara dengan mereka? Sementara terkait pandemi, Anda mungkin bertanya-tanya: Haruskah saya memeluk mereka, menjabat tangan mereka, atau menghindari kontak fisik sama sekali? Masker aktif atau nonaktif?

Banyak yang harus dipikirkan sekaligus, dan ada konsekuensinya—yaitu, perasaan bahwa semuanya sangat aneh. "Apa yang terjadi ketika Anda lebih banyak berpikir dan di kepala Anda adalah bahwa Anda tidak hadir pada saat itu," kata Kederian. "Itulah yang menyebabkan kecanggungan itu." Namun, kabar baiknya adalah Anda dapat menghindarinya dengan sedikit persiapan.

"Saat Anda bertatap muka, penting untuk memiliki unsur-unsur ringan, tetapi juga mencoba untuk masuk lebih dalam dan belajar lebih banyak tentang mereka sebagai pribadi," kata Kederian. Hindari bersikap terlalu dangkal atau terlalu dalam dengan petunjuk seperti ini:

1. "Apa kenangan yang menyenangkan dari masa kecilmu?"


Ini adalah pembuka percakapan ringan yang mungkin membantu memunculkan cerita lucu sekaligus mengungkapkan sedikit tentang siapa mereka dan pendidikan mereka, kata Kederian.

2. "Di mana tempat bahagiamu?"


Menanyakan hal ini membantu Anda mengetahui apa yang mereka minati, hobi mereka, dan apa yang memberi mereka makan sebagai pribadi, tambahnya.

3. "Ceritakan tentang pekerjaan Anda. Bagaimana Anda melakukannya?"


Pertanyaan ini memungkinkan Anda menyelami hasrat profesional seseorang, kata  Rori Sassoon, pakar hubungan untuk aplikasi kencan UnFlitered. "Bekerja adalah bagian besar dari kehidupan sehari-hari seseorang," tambahnya. Berbicara tentang karir mereka dapat memberikan beberapa wawasan tentang apakah mereka lebih analitis atau kreatif. Plus, "jika percakapan menurun, Anda selalu dapat mengembalikan obrolan pekerjaan," kata Sassoon.

4. "Apa aktivitas hari Sabtu yang khas untukmu?"


Yang ini mungkin mengarah ke segala arah, tetapi secara umum, ini kemungkinan akan memberikan ruang bagi Anda untuk berbicara tentang hobi dan minat, serta memberi Anda gambaran tentang akhir pekan ideal mereka, kata Sassoon. Jika Anda menemukan Anda menikmati kegiatan serupa, itu juga dapat memberikan ide kencan di masa mendatang.

5. "Jelaskan kepribadian Anda dalam rasa es krim."


Menjadi kreatif dan konyol adalah inti dari permulaan percakapan ini, tetapi juga memungkinkan orang tersebut untuk mengungkapkan lebih banyak tentang siapa mereka—sebuah segmen yang hebat menuju obrolan yang lebih dalam, kata Sassoon. Jangan heran jika pertanyaan ini juga mengundang tawa.

6. "Kita punya waktu 24 jam untuk merencanakan perjalanan. Bagaimana kita mengemasi tas kita?"


Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk mempelajari apa yang menurut setiap orang menarik dalam liburan potensial, kata Sassoon, dan dapat membantu menentukan kompatibilitas. Misalnya, apakah mereka lebih menyukai alam terbuka, atau apakah mereka menyukai pemandangan kota? Apakah mereka lebih suka berjalan-jalan sambil jalan-jalan, atau lebih suka bersantai di pantai? Menanyakan tentang perjalanan juga membuka pintu untuk lebih banyak percakapan—mungkin Anda pernah ke tempat favorit mereka atau selalu ingin mengunjunginya, memungkinkan Anda untuk melanjutkan dialog.

7. "Apa lagu karaoke favoritmu dan mengapa?"


Ini adalah pertanyaan lain yang dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang tanpa terlalu dalam. "Kecintaan bersama pada musik adalah cara yang bagus untuk mendorong percakapan ke depan dan membangun kompatibilitas," kata Kate MacLean, pakar kencan di Plenty of Fish. "Karaoke menyentuh nostalgia dan memberikan kesempatan bagi Anda berdua untuk berbagi kenangan menyenangkan dan dapat membuka pintu untuk percakapan lain yang berhubungan dengan musik seperti 'Apa band favorit Anda?' atau 'Siapa artis musik terbaik setiap dekade?'" (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel