-->

Sujiwo Tejo Enggan Balas Broadcast Ucapan Lebaran Maaf Lahir Batin

Sujiwo Tejo Enggan Balas Broadcast Ucapan Lebaran Maaf Lahir Batin.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Seniman dan budayawan Sujiwo Tejo enggan membalas broadcast permohonan maaf lahir batin yang biasanya tersebar di hari lebaran. Sujiwo Tejo hanya membalas pesan yang dikirim secara personal kepadanya.

"Aku enggak membalas broadcast maaf lahir batin. Aku hanya membalas maaf lahir batin yang personal, yang menyebut nama tertuju, yang orangnya mau sedikit capek menulis nama tertuju, yang ada 'touch'," tulis Sujiwo Tejo di Twitter pada Kamis, 13 Mei 2021.

Mungkin sebagian besar orang menganggap sikap Sujiwo Tejo ini berlebihan. Musababnya, tentu melelahkan jika harus mengirimkan pesan ucapan lebaran serta maaf lahir batin satu per satu ke setiap orang saat Idul Fitri.

Jika lelah yang menjadi alasan, Sujiwo Tejo membandingkan saat dulu dia harus mengendarai sepeda dan berkunjung ke setiap orang untuk sekedar bersilaturahmi saat lebaran. Itu sebabnya, bagi Sujiwo Tejo, mengirim pesan maaf lahir batin jauh lebih indah jika dikirim secara personal.

"Iya, sih, capek. Tapi enggak ada setahi kuku capeknya dibanding aku dulu naik sepeda sowan satu per satu orang buat Lebaran. Naik turun bus dan lain-lain," tulis Sujiwo Tejo. "Lagian, mengirim ucapan maaf lahir batin secara personal itu indah, cuuuuuk."

Sejumlah warganet sependapat dengan pendapat Sujiwo Tejo. Mereka ikut mengutarakan pandangan soal kegelisahan ini, yang akhirnya diwakilkan oleh Sujiwo Tejo.

"Saya sebenarnya ingin melakukan hal yang sama, tapi berhubung yang mengirim temen dekat dan kenal secara pribadi, mau bagaimana lagi. Cuma heran saja, kok susah banget untuk mengetik secara personal ya? Saya sendiri selalu menulis sendiri dan enggak pernah broadcast-broadcast," tulis @Apr641.

"Sama gua juga sudah enggak pernah broadcast. Enggak bakal ada yang baca, tapi semuanya pengen menyampaikan ucapan lebaran. Padahal enggak ada yang menjawab. Jadi kalo di grup gue memilih jawab saja kalau sudah selesai mengucapkan," tulis @mzahid_a.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel