-->

Jamaludin Bugis Buka Pembinaan Sippa Dhamma Samajja di Maluku

Jamaludin Bugis Buka Pembinaan Sippa Dhamma Samajja di Maluku.lelemuku.com.jpg

AMBON, LELEMUKU.COM - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku melalui Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha menggelar Pembinaan Sippa Dhamma Samajja Provinsi Maluku ke Tingkat Nasional VIII Tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Golden Palace, Rabu (19/5) dengan Tema "Membentuk Peserta Didik Yang berkarakter Cerdas dan Unggul" dibuka oleh Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag.

Ka.Kanwil Kemenag Maluku dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Pembinaan Sippa Dhamma Samajja di Provinsi Maluku dalam rangka membentuk peserta didik yang berkarakter, cerdas dan unggul, serta mewujudkan peserta didik yang kompeten dan semangat berprestasi dalam perlombaan Pembinaan Sippa Dhamma Samajja secara virtual.

Dikatakan, untuk mewujudkan peserta didik yang memiiki kompetensi, cerdas dan kemampuan literasi yang baik, perlu dikembangkan suatu sistem pembelajaran dan penilaian yang dapat mengukur pencapaian aspek afektif, kognetif dan psikomorik salah satunya melalui kegiatan Pembinaan Sippa Dhamma Samajja.

"Untuk itu saya berpesan kepada para peserta agar tetap semangat dan optimisme, serta patuhi protokol kesehatan, sehingga bisa menjadi siswa yang berkarakter, cerdas dan unggul," kata Ka.Kanwil

Sebelumnya, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Maluku Sariyono, S.Ag, M.Si dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan karakter peserta didik yang berbudi luhur, meningkatkan penghayatan dan pengamalan Buddha Dhama serta meningkatkan kreatifitas, kemahiran dan inovasi peserta didik.

Lomba Sippa Dhamma Samajja akan mempertandingkan enam mata lomba yakni Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha), Dhamma Vijja (Cerdas Cermat Dhamma), Dhamma Vikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Melafalkan Syair Dhammapada), Dhamma Kathana (Pidato Buddhis) dan Dhamma Kkhayika (Bercerita Buddha).

Enam mata lomba ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari 17 orang sebagai peserta didik dan 8 orang official dan pendamping dengan dibimbing oleh beberapa narasumber yang berkompoten pada bidangnya.

Untuk diketahui, Sippa Dhamma Samajja adalah ajang kompetisi dan edukatif yang bertujuan meningkatkan kreatifitas, keterampilan dan pengembangan inovasi siswa-siswi Buddhis dari 34 provinsi se-Indonesia.

Turut hadir Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jauwerissa, dan pejabat eselon III Kanwil Kemenag Maluku. (KemenagMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel