-->

Danang Parikesit Ungkap BPJT Masih Gratiskan Tol Layang AP Pettarani Makassar

Danang Parikesit Ungkap BPJT Masih Gratiskan Tol Layang AP Pettarani Makassar

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit menyatakan jalan tol layang Andi Pangerang Pettarani atau tol layang AP Petarani di Makassar masih akan gratis.

"Tol layang AP Pettarani belum bertarif beberapa waktu ke depan," kata Danang melalui keterangan tersmi di situs BPJT, Jumat, 19 Maret 2021.

Danang berharap tol layang di Indonesia Timur ini akan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk dapat beraktivitas di Kota Makassar yang semakin bertumbuh pesat. Masyarakat Makassar juga diimbau dapat menjaga jalan tol tersebut dan tidak melakukan perilaku vandalisme di struktur bangunannya.

BPJT mendata konstruksi jalan tol layang AP Pettarani menyerap investasi senilai Rp 2,24 triliun. Adapun, badan usaha pelaksana proyek tersebut adalah PT Bosowa Marga Nusantara, sedangkan kontraktor utamanya adalah PT Wijaya Karya Beton.

Konstruksi jalan tol sepanjang 4,3 kilometer tersebut diinisiasi oleh PT Margautama Nusantara melalui anak usahanya, yakni PT Makassar Metro Network (MMN). Konstruksi ruas tersebut memakan waktu sekitar 30 bulan dan menyerap lebih dari 2.000 tenaga kerja. Jalan tol layang tersebut merupakan Seksi 3 dari jalan tol AP Pettarani.

Adapun, badan usaha jalan tol yang bersangkutan mengumumkan tidak akan menambah gerbang tol baru pada jalan tol layang AP Pettarani. Dengan kata lain, transaksi pembayaran akan tetap dilakukan di gerbang tol utama dengan penyesuaian tarif.

Jalan tol layang AP Pettarani yang merupakan jalan tol layang pertama di wilayah Indonesia bagian timur telah diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Kamis lalu. Direktur Utama MMN Anwar Toha berharap kontribusi karya ribuan anak bangsa yang turut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur nasional ini bisa turut mewujudkan konektivitas di timur Indonesia.

Pembangunan proyek ini terbagi atas 74 span pada main line, 9 span pada ramp on, dan 7 span pada ramp off dengan jumlah box girder sebanyak 3.044 buah. Rampungnya jalan tol layang A.membuat total panjang tol AP Pettarani menjadi 10,4 kilometer.

Jalan tol layang AP Pettarani akan menghubungkan bagian selatan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel