-->

Nadia Ayu Mulansari Minta Penderita Kanker Tidak Terlambat Penanganan Medis


JAKARTA, LELEMUKU.COM – Memperingatan Hari Kaker Dunia pada Kamis, 4 Februari 2021, Konsultan Hematologi-Onlologi Medik Yayasan Kanker Indonesia dr. Nadia Ayu Mulansari meminta para penderita kanker tidak terlambat mendapat penanganan medis.

Ia mengatakan pihaknya selalu menegaskan agar penderita kanker untuk jangan menunda-nunda mengunjungi dokter, walau ditengah Pandemi Virus Corona (COVID-19) harus dengan menerapkan protocol kesehatan (Prokes).

"Penyakit kanker dalam waktu enam bulan saja perkembangannya sudah signifikan. Jadi jangan sampai terlambat," kata Nadia dalam talkshow daring Badan Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis, 4 Februari 2021.  

Ia menurutkan jika para penderita kanker terlambat memeriksakan diri atau melakukan kontrol, ditakutkan kanker dalam diri penderita sudah semakin berkembang.

Menurut Nadia, saat ini para dokter sudah menetapkan skala prioritas, yakni low priority bisa dilakukan dengan proses daring atau online, middle priority bisa terus lakukan konsultasi langsung dan high priority berarti ia tidak boleh menunda cemotheraphy. Sementara itu, merokok dan obesitas adalah faktor resiko terkena kanker.

“Untuk masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat, termasuk berolahraga dan menjaga pola makan,” tutupnya.

Hari Kanker Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan untuk mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan yang dideklarasikan pada tahun 2008 oleh Union for International Cancer Control (UICC). (Gonca)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel