-->

Yeheskiel Kantiandagho Hadiri FGD Tim RZWP3-K Terkait Explorasi PT. FI

Yeheskiel Kantiandagho Hadiri FGD Tim RZWP3-K Terkait Explorasi PT. FI

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Kantiandagho, S.E., M.M., mengikuti Forum Group Disscusion (FGD) Tim Kelompok Kerja Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3-K) Provinsi Papua bersama PT. Freeport Indonesia (PT. FI) secara virtual di Ruang Puskodal Lantamal X Hamadi, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Jumat (11/12/2020).

Forum yang dilaksanakan di Hall Room Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Kelautan Perikanan Papua dan dihadiri oleh manajemen PT. Freeport Indonesia, Tim Ahli RWP3K dan akademisi Universitas Cendrawasih.

Kegiatan FGD Tim Pokja RWP3K bersama PT. FI ini membahas tentang wilayah kelola pesisir dan pulau-pulau yang akan digunakan dan di kelola oleh PT. Freeport Indonesia.

Pada rapat tersebut dihasilkan sebuah kesimpulan dan kesepakatan diantaranya bahwa penggunaan ruang laut sangat di perlukan untuk mendukung operasi tambang sampai tahun 2041 dan PTFI mendukung penetapan pemanfaatan ruang laut dalam Perda RZWP3K untuk menghindari tumpang tindih penggunaan ruang.

Yeheskiel Kantiandagho Hadiri FGD Tim RZWP3-K Terkait Explorasi PT. FI

Ditegaskan dalam forum tersebut bahwa PT. FI telah mendapatkan ijin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ESDM Pemda Prov. Papua dan kabupaten untuk menggunakan ruangan laut. Kegiatan Eksisting yang telah dilakukan oleh PTFI sesuai ijin yang di berikan oleh pemerintah perlu di masukkan kedalam peta eksisting dan rencana kegiatan pengelolaan pesisir dan laut untuk pengelolaan lingkungan, pengerukan dan lain-lain diusulkan untuk ditambahkan ke dalam peta rencana RZWP3K.

Selain itu PT. FI berkewajiban menyampaikan peta wilayah pesisir dan laut yang akan digunakan untuk limbah dan peta tematik dan peta exaiting untuk kualitas ekosistem pesisir yang berada di wilayah kontrak kerja Freepot di wilayah pesisir sejauh 12 mile ke arah laut disesuaikan serta ditetapkan dalam peraturan daerah.

Turut mendampingi Komandan Lantamal X pada rapat tersebut Asops Danlantamal X Kolonel Laut (P) Budi Dermawan, Aslog Danlantamal X Kolonel Laut (T) Fajar Sukmana, Asintel Danlantamal X Kolonel Mar Marthin Luther Ginting dan Aspotmar Danlantamal X Kolonel Laut (KH) Djoko Imam Pambudi S.Pd.(DispenLantamalX).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel