-->

Eka Kartika Sianressy Ajak Masyarakat Wuarlabobar Lindungi Diri Pakai Antiseptik Alami


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Wuarlabobar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Eka Kartika Sianressy Batlajar mengajak masyarakat setempat membuat antiseptik alami.

Hal itu guna melindungi diri dari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan membuat zat untuk membasmi atau menghambat pertumbuhan kuman, seperti virus, bakteri atau jamur secara alami dari daun sirih dan jeruk nipis.

“Kunjungan kerja di Desa Lingada pada Kamis, 03 Desember 2020, saya memberikan praktek pembuatan hand sanitizer alami berbahan dasar daun sirih dan jeruk nipis kepada ibu-ibu di desa itu,” ujar Eka kepada Lelemuku.com pada Minggu, 06 Desember 2020.

Menurutnya daun sirih adalah antiseptic alami yang luar biasa dan kaya akan polivenol memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Bahan alami tersebut ada di sekitar masyarakat, mudah di dapat dan tidak memiliki efek samping dalam proses pembuatan dan pemakaian.

Eka pun membagikan cara membuat hand sanitizer alami, yaitu sediakan daun sirih yang dicuci dan dipotong kecil-kecil, rebus dengan suhu 90 derajat selama 15 menit. Kemudian saring dan diamkan cairan tersebut hingga tidak panas lagi. Setelah itu, masukkan ke botol semprot dan tambah perasan jeruk nipis. Hand Sanitizer bisa dugunakan selama 24 jam.

“Dalam upaya mencegah penularan virus corona, kita diharuskan sering mencuci tangan. Ayo kita buat bahan pembersih tangan yang alami, semoga bermanfaat,” kata istri Camat Wuarlabobar,  Hermes A. Sianressy itu. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel