-->

Rositah Umasugi Hadiri Apel Kesiapan Pasukan Antisipasi Bencana Alam di Maluku Tengah

MASOHI, LELEMUKU.COM – Polres Maluku Tengah menggelar apel gelar pasukan antisipasi penanganan bencana alam. Gelar pasukan itu, dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, sebagai inspektur apel.

Turut hadir dalam apel itu, Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, pimpiman TNI/Polri dan Forkopimda Maluku Tengah, serta Personil Polres Malteng.

Bupati Tuasikal Abua mengatakan, apel konsolidasi aman Nusa Dua kesiapan penanganan bencana alam tahun 2020, sebagai bentuk perhatian Polres Maluku Tengah terhadap kondisi yang ada di kabupaten tersebut. Olehnya itu kata Bupati, atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menyampaikan, terima kasih kepada Kapolres Maluku Tengah, yang telah menginspirasi kegiatan ini bekerja sama, dan seluruh jajaran TNI/Polri, maupun instansi terkait hal tersebut.


“Apel kesiapsiagaan penanganan bencana alam merupakan langkah awal yang tepat, dan strategi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas maupun masyarakat dalam menghadapi potensi kerawanan bencana alam yang mungkin dapat terjadi di daerah ini, ” kata bupati saat pelaksanaan gelar pasukan yang berlangsung di Mapolres Malteng, Rabu (11/11/2020).

Menurut Tuasikal, perkembangan situasi nasional saat ini dimana banyak terjadi bencana alam yang menjadi perhatian publik, akibat dampak perubahan cuaca yang menimbulkan berbagai permasalahan ditengah masyarakat.


“Dan ini menuntut semua pihak untuk tanggap menghadapi potensi kerawanan bencana yang terjadi sebagaimana Informasi yang disampaikan oleh BMKG, bahwa di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia, akan merasakan dampak dan fenomena La Lina yang terjadi awal bulan November ini sampai pada awal tahun 2021,”jelas bupati.

Dikatakan, fenomena La Nina ini berpotensi mendatangkan ancaman bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, angin putih beliung, gelombang tinggi, cuaca ekstrem dan lain sebagainya.

Hal tersebut, lanjut orang nomor satu di Kabupaten Maluku Tengah ini, pemerintah daerah, jajaran TNI/Polri, dan seluruh pihak terkait untuk selalu tanggap dalam menghadapi kondisi yang akan terjadi.


“Semua pihak harus bersinergi untuk meningkatkan kesiapsiagaan, dan merumuskan langkah-langkah proaktif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana, dan dampak yang ditimbulkan dari peristiwa bencana tersebut, ” papar Abua.

Bupati menegaskan, apel konsolidasi ini berfungsi untuk mengetahui sejauhmana kesiapan kita baik materi, maupun peralatan yang akan digunakan apabila terjadi bencana alam sehingga, diharapkan apel konsolidasi ini dapat dilanjutkan dengan aksi aksi nyata dalam bentuk kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan.


“Kepada seluruh anggota yang bertugas saya (Bupati) berpesan agar selalu bersemangat menjaga stamina, serta yang terpenting agar menjaga keselamatan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid 19, ucapkan sesuatu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kuasa agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik lancar, dan aman, “tandas Bupati.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Tuasikal mengucapkan, terima kasih yang mendalam kepada anggota Forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Maluku Tengah, khususnya pada pimpinan Polri dan TNI beserta seluruh jajaran atas kerjasama dan dukungan selama ini dalam upaya mewujudkan maupun memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini.


“Saya terus berharap agar sinergis dan kebersamaan yang sudah terjalin, dan terbina dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan. Semua selalu bekerja sama dengan mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan melayani masyarakat dengan tulus, dan penuh keikhlasan tugas dan tanggung jawab kita ini yang lebih maju sejahtera serta perikeadilan dalam semangat hidup orang basudara,”pungkas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, apel gelar pasukan Polres Malteng, dalam rangka kesiapan penanganan bencana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh seluruh jajaran kepolisian khususnya Polres Malteng.


“Kita tidak mendoakan bencana itu ada, tetapi sebagai manusia terutama personil Polri wajib untuk melakukan antisipasi dalam setiap kondisi apapun, ” ujar Umasugi.

Wanita dengan dua melati dipundaknya ini berharap, agar personil Polres Malteng tetap menjaga kesehatan guna mengantisipasi setiap kondisi apapun.


“Polri selalu hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Maka kita juga perlu menjaga kondisi kesehatan kita, agar kita dapat melaksanakan setiap tugas dan tanggungjawab dengan baik sesuai harapan seluruh pihak terutama masyarakat, ” tandas mantan Kasat Lantas Polres Malteng ini. (HumasPoldaMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel