-->

Putus Mata Rantai COVID-19, ASN Tanimbar Tes Swab Massal

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sebanyak 326 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melakukan tes swab massal Test atau pengambilan sampel untuk tes Polymerase Chain Reaction (PCR) guna memutus mata rantai Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sejak Sabtu, 21 November 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa mengatakan berdasarkan jadwal tes swab massal itu dilakukan secara bergilir sesuai jadwal yang dibuat pihaknya. Dalam jadwal, tes akan dilakukan pada Sabtu, 21 November 2020 kepada 43 pegawai Dinkes, 4 orang dari Kesehatan Pelabuhan, 3 orang dari BPJS, 27 orang kontak erat atau dicurigai, 40 orang dari Puskesmas Saumlaki, 30 orang dari Puskesmas Lorulun dan 40 orang dari RSUD Magretti.

Sedangkan pada hari Minggu, 22 November ada sebanyak 30 orang dari Polres Tanimbar, 10 orang dari Kodim 1507/Saumlaki, 10 orang dari Lanal Saumlaki, 70 orang dari Sekretariat Kantor Bupati dan total sebanyak 19 orang yang berasal dari keluarga tiga orang dokter yang juga diambil swabnya.

"Jadi total untuk dua hari yang telah terjadwal tersebut, untuk Sabtu besok dan Minggu adalah sebanyak 326 orang. Besok, 187 yang akan melakukan test swab dulu," kata Tomasoa pada Jumat, 20 November 2020 berdasarkan jadwal pelaksanaan tes swab oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Ambon.

Ia menjelaskan Tim Satgas COVID-19 Tanimbar melakukan persiapan On the Job Training (OJT), mengingat tim dari provinsi yang khusus didatangkan guna mengambil Swab test itu. Tomasoan juga menambahkan sebelum memulai swab tetap diterapkan protokol kesehatan (Prokes), seperti cek suhu tubuh, ada hand sanitizer dan tempat duduk juga diberi batasan jarak.

"Untuk tahap kedua, direncanakan berlangsung pada pekan depan, barulah akan dilakukan secara keseluruhan hingga tingkat kecamatan, tambahnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel