Prakerja.vip Merupakan Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Palsu Penawar Produk Jualan - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Prakerja.vip Merupakan Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Palsu Penawar Produk Jualan

Prakerja.vip Merupakan Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Palsu Penawar Produk Jualan.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Warganet dihebohkan dengan beredarnya pesan di whatsapp (WA) yang menyatakan adanya pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs web bernama Prakerja.vip di media sosial WhatsApp pada Sabtu 10 Oktober 2020. 

Menurut situs berita Lingkar Kediri, pada kabar viral tersebut, tertulis bahwa calon pendaftar Prakerja harus memasukkan data diri dan nomor HP di laman daftar.prakerja.vip.

Tak hanya itu, para pengakses situs tersebut disesatkan karena tampilan website-nya berubah-ubah dan malah mempromosikan produk jualan dari beberapa perusahaan swasta.

Pada tampilan pertama, situs tersebut berisikan mirip seperti portal berita online dengan nama 'Gazeta' beserta artikel didalamnya.

Kedua, situs tersebut berganti menawarkan bantuan kuota internet gratis dengan kuota sebesar 100 GB.

Ketiga, tampilan berganti lagi menjadi 'Klaim Voucher Alfamart' 

"Diharapkan, netizen tidak termakan oleh hoaks dan usaha penipuan lainnya melalui berbagai cara. Seperti halnya situs di atas yang meminta pendaftar memasukkan nomor HP-nya," tulis Lingkar Kediri.

Kabar yang sedang viral tersebut terindikasi phising atau peretasan data pribadi melalui pihak tak bertanggungjawab.

"Namun, netizen diharapkan hati-hati sebab website tersebut bukanlah situs resmi Kartu Prakerja yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia," lanjutnya.

Menurut website pelacak hosting, Whois, domain situs prakerja.vip ini didaftarkan pada 5 Oktober 2020 dan menggunakan Blogger.com sebagai hostingnya.

Manajemen Kartu Prakerja hingga saat ini belum mengumumkan bahwa ada pembukaan gelombang baru, apalagi melalui situs dengan domain lainnya.

Hingga saat ini, pendaftaran Kartu Prakerja masih ditutup, dengan gelombang 10 pada tanggal 28 September 2020 sebagai tahap yang bisa dikatakan terakhir.

Sementara itu situs resmi Program Kartu Prakerja hanya dapat diakses di prakerja.go.id.

Beserta media sosial resminya di Instagram @prakerja.go.id dan akun twitternya @prakerjagoid. (Albert Batlayeri)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...