Pemkab Tanimbar Surati Murad Ismail Jawab Keluhan Masyarakat Seira Sikapi Nelayan Andong - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pemkab Tanimbar Surati Murad Ismail Jawab Keluhan Masyarakat Seira Sikapi Nelayan Andong


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku akan menyurati Gubernur Maluku, Murad Ismail meninjau kembali ijin dari kapal nelayan andong atau pencari telur ikan yang beroperasi di Pulau Seira, Kecamatan Wermaktian yang telah meresahkan masyarakat desa, secara khusus saat Pandemi Virus Corona (COVID-19). 

“Rabu kemarin kami bersama DPRD melakukan rapat dengar pendapat bersama masyarakat Seira melalui IKLAS Saumlaki, yaitu wadah berhimpun keluarga besar Seira Blawat di Saumlaki tentang keresahan mereka dengan kapal-kapal nelayan yang beroperasi disana. Kuncinya Pemkab akan menyurati resmi kepada gubernur untuk meninjau kembali ijin-ijin yang sudah dikeluarkan,” ungkap Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya pada Kamis (09/07/2020). 

Ia membeberkan beberapa permintaan masyarakat Seira yang ingin mengamankan sumber daya perairan mereka dari ancaman eksploitasi nelayan luar, sehingga mereka meminta dukungan pengawasan dari Dinas Perikanan Tanimbar, termasuk kemungkinan nelayan yang tidak memiliki izin sesuai ketentuan yang berlaku. 

Kemudian mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemkab untuk menyediakan data dan informasi yang spesifik secara temporal maupun spasial terhadap sumber daya telur ikan di perairan tersebut dan penguatan informasi public mengenal kewenangan, perizinan dan tata kelola.

Selanjutnya memfasilitasi masyarakat lokal untuk mengambil bagian dalam penangkapan dan pengelolaan hasil laut telur ikan terbang melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), penyediaan sarana dan prasarana penangkapan yang memadai dan peningkatan kapasitas kelembagaan perikanan atau koperasi.

“Masyarakat Seira mendukung penuh Pemkab Tanimbar agar mendorong Pemprov Maluku lewat Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menghentikan sementara penertiban izin bagi pemohon atau nelayan-nelayan andong yang beroperasi di wilayah perairan Kepulauan Tanimbar, lebih khusus pulau-pulau Seira,” beber Moriolkossu. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...