-->

Malra Kembali Raih Enam Kali Opini WTP Atas LHP LKPD Tahun 2019

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Maluku Tenggara Tahun Anggaran 2019 Secara Virtual di Ruang Kerja Bupati, Rabu, (1/7/2020).

Pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Maluku, Muhammad Abidin, SE, Ak, CSFA, CA menjelaskan bahwa Penyerahan LHP LKPD ini bertujuan untuk memberikan Opini Atas Kewajaran dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan 4 (Empat) Kriteria yaitu Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, Kecukupan pengungkapan, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan Efektivitas sistem pengendalian akuntabel.

Dari Hasil Pemeriksaan tersebut, maka Kabupaten Maluku Tenggara meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Hal ini menjadi perhatian penting karena Kabupaten Maluku Tenggara telah meraih Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang keenam, sejak Tahun 2015 atas LKPD Tahun Anggaran 2014, Tahun 2016 atas LKPD Tahun Anggaran 2015, Tahun 2017 atas LKPD Tahun Anggaran 2016, Tahun 2018 atas LKPD Tahun Anggaran 2017, Tahun 2019 atas LKPD Tahun Anggaran 2018 dan Tahun 2020 atas LKPD Tahun Anggaran Anggaran 2019.

Hanubun juga menjelaskan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada dua Daerah yakni Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual Tahun Anggaran 2019 tersebut, BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang perlu mendapat perhatian pihak Pemerintah Daerah diantaranya pengelolaan dan penatausahaan kas daerah belum tertib, pengelolaan belanja bantuan sosial belum tertib, pengelolaan belanja hibah belum sepenuhnya sesuai ketentuan.

Ia berharap, agar kiranya permasalahan-permasalahan yang masih terjadi mendapat perhatian Pemerintah Daerah kedepan dan kiranya pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, Minduchri Kudubun, SE pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Opini yang diperoleh kali ini merupakan Salah satu Pencapaian Bersama Atas Indikator Kinerja Utama Daerah.
Beliau berharap, capaian ini tidak akan melonggarkan komitmen bersama dan Pemerintah Kab. Maluku Tenggara akan terus berusaha mengoptimalkan peranan aparat pengawasan internal dan membangun konsultasi intensif dengan aparat pengawasan eksternal.

Ia juga sampaikan, Sebagai Lembaga Legislatif, kami akan terus membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah dan terus mendorong pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi yang telah diberikan sesuai dengan kewenangan yang ada.

Pada Penyerahan LHP LKPD TA 2019 tersebut, dihadiri secara Virtual juga oleh Walikota Tual, Ketua DPRD Kab. Maluku Tenggara undangan lainnya. (HumasMalra)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel