-->

LSM PITA Beri Edukasi Cegah COVID-19 kepada Masyarakat Kepulauan Tanimbar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Ibu Anak Tanimbar (PITA) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melakukan edukasi kepada masyarakat di daerah tersebut tentang pencegahan dan penanganan pandemi Corona virus infection desease (Covid-19) pada Kamis (30/04/2020).

Menurut Ketua LSM PITA, Jecklin F. Sillety bahwa program penyuluhan dalam bentuk pembagian ratusan pamflet, baliho, banner dan flayer yang dilakukan pada tiga lokasi di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), diantaranya Saumlaki, Desa Bomaki dan Lermatan serta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lorulun itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat lebih memahami tentang wabah pandemic COVID-19.

Ia pun mengatakan program Pengembangan Masyarakat (PPM) itu didukung oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi kantor perwakilan Papua Maluku (SKK Migas Pamalu) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) INPEX Masela Ltd dan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanimbar.

“Program ini merupakan keberlanjutan dari program awal kami saat penyerahan bantuan kepada Pemda Kepulauan Tanimbar berupa pamflet, baliho dan spanduk. Ini adalah kegiatan PPM di bidang kesehatan,” kata dia kepada Lelemuku.com.

Mewakili Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH yang juga selaku Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19, Kepala Dinas Kesehatan Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat berguna di tengah upaya pencegahan COVID-19 di Tanimbar.

Ia berharap himbauan strategis lewat seruan ‘Isolasi Mandiri Di Rumah, Cara Membuat Masker kain di Rumah, Sosial Distancing dan Physical Distancing’ yang disampaikan dengan kearifan lokal dapat lebih cepat diterima masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih bantuan ini sangat berguna karena Tanimbar hingga saat ini belum ada kasus korona, maka urusan pencegahan menjadi sangat dominan. Ini menjadi sangat berguna, salah satu unsur dari pencegahan adalah bagaimana ketaatan masyarakat terhadap aturan dan himbauan yang sudah disampaikan oleh pemerintah pusat dan pemda. Semoga di Tanimbar terbebas dari virus Corona” ucap Tomasoa.

Kemudian Sekretaris Desa (Sekdes) Lermatan, Markus Batmetan pun memberi apresiasi kepada Yayasan PITA, SKK Migas Pamalu, Inpex Masela Ltd, PT. MGS dan Pemda Tanimbar dengan mengungkapkan program tersebut sangat membantu pemerintah desa dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya. Kami akan memasang spanduk, x-banner ini ditempat-tempat yang bisa dibaca oleh masyarakat,” ungkapnya.

Penyuluhan itu juga dilakukan di sejumlah tempat , seperti rumah makan, pasar Saumlaki, serta kepada pengendara di jalan Mathilda Batlayeri Saumlaki serta melibatkan sahabat komunikasi Hulu Migas yang terdiri dari ambasador profesional dan ambassador jurnalis. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel