-->

61 Sampel Swab 5 Kabupaten di Kepulauan Flores Dikirim ke Kupang

61 Sampel Swab 5 Kabupaten di Kepulauan Flores Dikirim ke KupangLABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Sebanyak 61 sample Swab baru warga Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dan 5 Kabupaten di daratan Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Minggu (17/5/2020).

Dari 61 Sampel Swab tersebut, Mabar mengirim 27 sample sisanya sample Swab dari Kabupaten lain di antaranya dari Manggarai, Manggarai Timur, Sikka dan Lembata.

27 sample Swab Mabar terdiri dari 12 sample SWAB Pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya, 13 sample OTG yang melakukan kontak erat dengan Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari kluster Gowa, dan 2 sample OTG dari kluster Magetan.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula menyampaikan pada media center Covid-19 Mabar, kondisi lalu lintas penerbangan yang saat ini masih belum aktif sepenuhnya tidak menjadi hambatan bagi Pemkab Manggarai Barat untuk melakukan pengiriman sample SWAB ke Laboratorium di Kupang.

Kita harus bersyukur karena NTT sekarang sudah punya Laboratorium PCR sendiri di Kupang, sehingga mempermudah kita mengirim sample Swab yang mau diperiksa.

"Sekalipun lalu lintas penerbangan saat ini sedang tidak aktif. Selain dekat, juga lebih efisien dari segi pembiayaan,” jelas Bupati Gusti.

Bupati Gusti menegaskan, sejak Januari 2020 ada 1 unit helikopter BNPB yang disiagakan di Bandara Komodo Labuan Bajo dan selama masa pandemi Covid-19.

Helikopter ini benar-benar dimaksimalkan untuk berbagai aktivitas pemantauan dan penyaluran logistik, terutama perlengkapan medis seperti APD ke berbagai kecamatan di wilayah Kab. Manggarai Barat.

Bupati Gusti mengatakan, Pemkab Manggarai Barat juga bersyukur, karena helikopter tersebut sangat efektif membantu selama masa pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Terbukti dalam pengiriman sampel swab hari ini, helikopter tersebut turut mengangkut sampel swab dari beberapa Kabupaten di daratan Flores baik Kabupaten yang berstatus zona merah maupun zona hijau.

Helikopter ini makin maksimal penggunaannya karena dipakai untuk mengirim sampel swab ke Kupang, bukan hanya sampel Swab dari Manggarai Barat saja, tetapi juga dari Kabupaten lain yang ada di daratan Flores.

"Pagi ini helikopter tersebut mengangkut sample swab masing-masing dari Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Sikka, dan Lembata," terang Bupati Gusti.

Untuk diketahui sekitar jam 18.00 Wita sore hari tadi helikopter BNPB kembali mendarat di bandara Komodo, dalam penerbangan ini helikopter membawa barang dari Kupang.

Barang-barang tersebut antara lain berupa, VTM Kit, DACRON Kit serta obat-obatan, Vaksin dan peralatan kesehatan untuk kebutuhan medis di Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk vaksin terdiri dari vaksin rutin untuk bayi dan balita di Mabar, bukan vaksin Covid-19.

Sebenarnya vaksin rutin tersebut sudah lama dikirim tapi karena tidak ada transportasi akhirnya dikirim lewat helikopter, termasuk alat-alat untuk pengambilan dan pengepakan sampel swab. (InfoPublik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel