-->

Yoan Clara Teken Ingin Miliki Karakter Seperti Lelemuku

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Puteri Indonesia Maluku 2020, dr. Yoan Clara Teken mempromosikan bunga endemic asli dari Maluku, Lelemuku atau Anggrek Larat di Pemilihan Puteri Indonesia (PP) 2020.

Yoan memilih tema Lelemuku sebagai konsep busana mewakili daerah pada ajang tersebut. Dokter muda lulusan Rusia itu menyebutkan bahwa Lelemuku adalah bunga yang mekar dalam kesulitan dan merupakan yang paling langka dan indah dari semua.

Menurutnya Lelemuku hanya mekar di bawah kondisi tertentu, telah menjadikannya salah satu spesies anggrek paling langka di Indonesia.

“Anggrek berwarna ungu yang lembut dan anggun adalah simbol keindahan, martabat, kekuatan dan rasa hormat, karakter yang harus dimiliki setiap ratu,” tulis dia dalam bahasa inggris saat dikutip Lelemuku.com pada Minggu (01/03/2020).

Lelemuku adalah Bahasa Fordata untuk Bunga Anggrek Larat dengan nama ilmiah Dendrobium phalaenopsis merupakan tanaman endemik di Kepulauan Tanimbar, dan dijadikan sebagai flora khas dari Provinsi Maluku.

Lelemuku yang bahasa Inggrisnya disebut Cooktown Orchid merupakan anggrek jenis epifit yang mempunyai batang berbentuk gada dengan pangkal berukuran kecil, bagian tengah membesar dan ujungnya mengecil kembali.

Daunnya memiliki daging daun yang tebal dengan panjang kira-kira 12 cm dan lebar kira-kira 2 cm.

Tekstur daun Lelemuku kaku dengan warna mulai dari hijau muda hingga hijau tua serta mengkilat dibagian permukaan daun. Daun tersusun melekat pada batang, saling melekan dengan daun lain.
Semakin sehat daun Lelemuku, maka bunganya yang berwarna merah muda cerah itu juga akan mekar dengan baik dengan semerbak bau harumnya yang khas.

Jumlah Lelemuku semakin lama terus berkurang akibat perusakan yang terjadi di habitat aslinya yang tumbuh alami di pohon-pohon besar atau celah tebing kapur.

Karena ancaman tersebut, Lelemuku menjadi satu dari 12 spesies anggrek kategori langka dan dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel