-->

Pemberontak Huthi di Yaman Klaim Serangan terhadap Fasilitas Minyak Arab Saudi

SANAA, LELEMUKU.COM - Pemberontak Huthi di Yaman yang didukung oleh Iran, Rabu (29/1) mengatakan mereka telah melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak terhadap target di Arab Saudi, termasuk fasilitas minyak milik raksasa energi Aramco.

"Pasukan Huthi menyerang Aramco di bandara Jizan, Abha dan Jizan, pangkalan Khamis Mushait dan beberapa target vital jauh di dalam wilayah Arab Saudi dengan sejumlah besar rudal dan drone,” ujar Juru Bicara Huthi Yahya al-Saree dalam konferensi pers di ibukota Sanaa.

Saree tidak merinci kapan serangan itu dilancarkan dan Aramco maupun koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah Yaman tidak segera menanggapi permintaan konfirmasi mengenai klaim tersebut.

Saree mengemukakan serangan itu “sebagai aksi balas dendam atas meningkatnya serangan udara oleh musuh” dalam pertempuran baru-baru ini antara pasukan pemerintah dan pasukan pemberontak di utara dan timur Sanaa.

Serangan terhadap fasilitas minyak Aramco September lalu menyebabkan kerusakan besar, mengurangi separuh produksi minyak mentah Saudi untuk sementara dan sempat menciptakan kekacauan di pasar minyak global.

Huthi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi Amerika Serikat mengatakan serangan itu melibatkan rudal jelajah dari Iran dan dianggap sebagai “aksi perang.” Iran membantah terlibat dalam serangan itu. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel