-->

Joice Fatlolon Puji Kegiatan KIE Keamanan PJAS Loka POM Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Joice Fatlolon Pentury, SP memuji kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang digelar oleh Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Rabu (29/01/2020).

“Kami sangat menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh Balai POM Kepulauan Tanimbar, apresiasi dan terima kasih karena ini luar biasa. Suatu program yang dibuat tentang sosialisasi keamanan PJAS yang telah melibatkan sekitar 20 sekolah dari SD hingga SMA yang ada di Saumlaki dimana diikuti oleh seluruh kepala sekolah, dewan guru dan petugas kantin,” puji dia kepada Lelemuku.com di gedung Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Joice mengungkapkan jika kegiatan itu sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH dan Wakil Bupati (Wabup) Agustinus Utuwaly, S.Sos yaitu menjadikan masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri serta visi PKK Tanimbar dimana menjadikan Kabupaten Tanimbar Layak Anak dengan salah satu indikatornya adalah sekolah yang ramah anak.

“Agustus 2019 lalu Menteri Pemberdayaan Perempuan sudah mencanangkan Tanimbar sebagai Kabupaten Layak Anak dan salah satu indikatornya adalah sekolah ramah anak dengan target harus ada kantin sekolah yang sehat. Harapannya Balai POM bisa bersinergi dengan kami dalam pengawasan dan pendampingan dan kerjasama dengan dinas pendidikan sebagai instansi teknis,” harapnya.

Sementara itu menurut Kepala Kantor Loka POM Tanimbar, Stepanus Simon Sesa menyatakan tujuan dari kegiatan KIE itu adalah untuk menjamin keamanan dari pangan anak didik di sekolah dan mendukung visi dan misi pimpinan daerah yaitu menjadikan generasi emas Tanimbar yang cerdas.
Ia pun menambahkan jika pihaknya akan melakukan tindaklanjut ke sekolah-sekolah berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) agar mempercepat target sekolah mendapatkan piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah yang menjadi salah satu syarat sekolah layak anak.

“Kami juga mengajak kepada komunitas sekolah bisa memperhatikan akan keberadaan jajanan sekolah ini agar benar-benar bermutu, sehat dan bergizi. Kami akan melakukan bimtek dan kegiatan audit ke kantin sekolah agar memenuhi persyaratan,” tutup Sesa.

Kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi tentang isu pangan, manajemen keamanan pangan sekolah, piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah dan lima kunci emas pembangunan pangan untuk sekolah serta sesi tanya-jawab oleh Kepala Loka POM Sesa dan Pengawas Farmasi dan Makanan, Muhammad Nur Sigit Harianto. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel