-->

Guna Menyiapkan Generasi Emas Biak, Herry Naap Minta Setiap Kampung Wajib Miliki PAUD

BIAK, LELEMUKU.COM – Menyiapkan generasi emas Kabupaten Biak Numfor sejak usia dini menjadi salah satu perhatian serius pemerintah saat ini. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mulai tahun 2020 akan mewajikab setiap kampung memiliki satu sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pembentukan PAUD disetiap kampung dinilai sangat penting sebagai salah satu bagian dari upaya menyiapkan sumber daya manusia berkualitas aset pembangunan untuk jangka panjang. Untuk itu, semua pihak khususnya lagi jajaran kepala kampung diharapkan ikut memberikan dukungan terhadap program pembentukan pendidikan anak usia dini dimaksud.

Selain itu, dngan adanya PAUD di semua kampung, maka setidaknya kesenjangan kualitas pendidikan antara kota dan kampung-kampung dapat diminimalisir. Terkait dengan itu, maka menjadi kewajiban dari kepala kampung dan instansi terkait memperhatikan berdirinya setiap sekolah PAUD dimaksud.

“Dibeberapa kesempatan tentang kewajiban setiap kampung membentuk PAUD minimal satu sudah saya sampaikan dan tekankan, ini penting ketika kita berbicara menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas atau generasi emas Kabupaten Biak Numfor kedepan. Masa depan Kabupaten Biak Numfor khususnya dan Papua juga ada di anak-anak ini,” ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd .

Ditegaskan, bahwa pembentukan PAUD tak terkecuali terhadap kampung yang ada, semua kampung –kampung wajib termasuk yang ada di wilayah kepulauan dan jauh dari kota. Di Kabupaten Biak Numfor sendiri terdapat 257 kampung, jumlah kampung sebanyak itu sudah termasuk kampung yang ada di wilayah kepulauan.

Lalu bagaimana dengan pengasuhnya (guru)?. Bupati juga menyatakan, selain pemerintah daerah, menjadi kewajiban dari kepala kampung untuk memberikan dukungan serius. Minimal wajib memberikan insentif bagi satu orang guru/pengasuh PAUD yang dibentuk di setiap kampung.

“Saya kira dana desa ada, anggaran itu juga bisa disisipkan sedikit untuk mendukung eksistensi PAUD di kampung, ya minimal bisa memberikan insentif satu pengasuh. Nah, pembentukan PAUD setiap kampung menjadi salah satu perhatian serius saya sebagai Bupati Biak Numfor,” pungkasnya.

Hal yang hampir sama dikatakan oleh Ketua HIMPAUDI (Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini) Ny. Ruth Naomi Naap Rumkabu, S.Pd. Dibeberapa kesempatan, Ny. Ruth Naomi menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendorong upaya pembentukan PAUD di setiap kampung.

“Kami sudah mendatangi beberapa kampung dan menyampaikan tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, karenanya PAUD diharapkan perlu dibentik di setiap kampung dan ini juga akan kami dorong terus,” tandasnya. (HumasBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel