Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Jabat Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 - . | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Jabat Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Jadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024JAKARTA, LELEMUKU.COM - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 setelah mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 yang dipimpin oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Pelantikan keduanya berlangsung khidmat. Pengucapan sumpah atau janji dilakukan secara bergantian. Presiden Jokowi mengucapkan sumpah atau janji lebih dulu di hadapan seluruh Pimpinan MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ujar Presiden Jokowi.

Setelah itu giliran Ma'ruf Amin yang mengucapkan sumpah atau janji.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Ma'ruf.

Setelah itu, keduanya menandatangani berita acara pelantikan.

Selain Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, seluruh Pimpinan MPR juga ikut menandatangani berita acara pelantikan.

Ini merupakan periode kedua bagi Jokowi untuk memimpin bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Periode kedua Jokowi menjadi tantangan sekaligus pembuktian janji kampanye bersama Wakil Presiden Maruf Amin.

Layaknya pengesahan calon pemimpin negara, prosesi pelantikan Jokowi - Maruf Amin juga dihadiri berbagai tamu. Mulai dari tokoh nasional hingga para undangan pemimpin maupun perwakilan negara sahabat.

Sebanyak 689 anggota MPR hadir dalam Sidang Paripurna. Acara Pelantikan Presiden 2019 ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu prosesi pelantikan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan bangsa.

Dalam pelantikan tersebut hadir pula tamu kenegaraan dan utusan dari negara-negara sahabat.

Sebelumnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2019. Penetapan itu dilakukan melalui rapat pleno terbuka di kantor pusat KPU, Jakarta pada Minggu 30 Juni 2019 lalu.

Jokowi-Ma'ruf menang Pilpres 2019 dengan meraih 85.607.362 suara atau 55,50 persen suara sah. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 suara atau 45,50 persen suara sah.

Ia juga  menyatakan jumlah wajah lama di Kabinet Kerja Jilid 2 akan masih banyak. Namun dia memastikan akan lebih banyak menteri baru dalam kabinetnya nanti.

Jokowi akan mengumumkan menteri-menteri barunya, Senin (21/10/2019) pagi.

"Menteri petahana masih banyak, tapi yang baru lebih banyak," kata Jokowi di Istana Kepresidenan.

Namun Jokowi tidak menyebut waktu pengumumannya. Sementara Jokowi kemungkinan tidak langsung melantik para menteri barunya.

"Besok pagi saya kenalkan. Soalnya nanti sorenya, Ma'aruf Amin harus ke Jepang," kata Jokowi. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...