Gempa Bumi Magnitudo 7,1 SR Goyang California Selatan, Tak Ada Korban Jiwa - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Gempa Bumi Magnitudo 7,1 SR Goyang California Selatan, Tak Ada Korban Jiwa

Gempa Bumi Magnitudo 7,1 SR Goyang California Selatan, Tak Ada Korban JiwaLOS ANGELES, LELEMUKU.COM - Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 skala richter (SR) goncang wilayah selatan negara bagian California pada Jumat (05/07/2019) waktu setempat. Gempa yang berpusat di kota Ridgecrest, sekitar 240 km di timur laut kota Los Angeles ini mengakibatkan bangunan di kota-kota selatan California retak dan terbakar, selain juga jalanan rusak.

Gempa ini, menurut badan meteorologi setempat (USGS) guncangan ini merupakan kelanjutan dari gempa 6,4 SR pada Kamis (04/07/2019) yang berpusat di Padang Gurun Mojave.

Badan Penanggulangan Bencana setempat menyatakan meskipun bangunan dan fasilitas publik mengalami kerusakan dan kebakaran serta korban luka, pihakya menyatakan tidak ada korban jiwa akibat gempa ini.

Namun pasca kejadian ini, terjadi pemadaman listrik besar-besaran, hingga di Kota Los Angeles dan Las Vegas.

Setelah peristiwa pada Kamis, USGS telah memperingatkan bahwa gempa susulan dapat berlanjut dalam jangka waktu lama.

Wilayah California, AS, rentan terhadap gempa karena terletak di patahan San Andreas, yang membentang sekitar 1.200 km.

Menurut VOA, pemerintah setempat menyatakan akan merubah sistem waspada dini terhadap gempa bumi dengan anggaran mencapa 7 miliar Dollar Amerika, sehingga masyarakat dapat mengetahui 48 detik kemudian rincian informasi terkait infromasi gempa tersebut.

Sistem itu menurut pemerintah California akan diberlakukan dibeberapa wilayah utama gempa di seperti Selatan California, Teluk San Fransisco dan wilayah Seattle-Tacoma.

Tujuannya agar pemerintah dapat mengurangi dampak korban jiwa dari bencana alam yang terjadi di wilayah tersebut. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...